FASILITAS PEMBELAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2019


Fauzan Nur Ichsan , 6101415107 (2019) FASILITAS PEMBELAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FASILITAS PEMBELAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2019]
Preview
PDF (FASILITAS PEMBELAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2019) - Published Version
Download (646kB) | Preview

Abstract

Fasilitas pembelajaran penjas dan olahraga merupakan hal yang penting dalam penunjang proses pembelajaran penjas. Fasilitas pembelajaran penjas dan olahraga yang sesuai standar berpengaruh dalam kenyamanan peserta didik saat proses pembelajaran penjas. Peserta didik akan lebih optimal dalam memanfatkaan fasilitaas penjas dan olahraga jika sesuai dengan standar pemerintah. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi dan kualitas fasilitas pembelajaran penjas dan olahraga pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jepara Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentai. Sumber data peneltian ini adalah Sekolah Menengah Atas di kabupaten Jepara, diantaranya: SMA N 1 Jepara, SMA N 1 Tahunan, SMA N 1 Pecangaan, SMA N 1 Mayong, SMA N 1 Welahan, SMA Islam Jepara, SMA PGRI Jepara, SMA Masehi Jepara, dan SMA Walisongo Pecangaan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PJOK Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jepara. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terkait dengan keadaan fasilitas pembelajaran penjas dan olahraga pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jepara sudah dalam kategori “cukup sesuai” dengan mengacu standar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007. Dalam hal ini kelengkapan peralatan sudah cukup sesuai hanya saja pada cabor senam masih sangat kurang. Untuk perkakas masih ada beberapa sekolah yang belum mempunyai bak loncat jauh. Sedangkan pada fasilitas olahraga masih banyak sekolah yang belum memiliki lapangan sepak bola sendiri sehingga diganti dengan lapangan futsal. Namun rata-rata Sekolah Menengh Atas yang ada di Kabupaten Jepara sudah baik dalam proses pembelajaran penjas. Simpulan dari hasil penelitian fasilitas pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jepara disesuaikan pada standart Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 dalam kategori “Cukup sesuai”. Sedangkan keadaan fasilitas olahraga pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Jepara disesuaikan pada standart Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 dalam kategori “Cukup sesuai”

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Pembelajaran Penjas, Fasilitas Olahraga, Kabupaten Jepara
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Jul 2020 17:23
Last Modified: 01 Jul 2020 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37138

Actions (login required)

View Item View Item