MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN BREBES


Bayu Irawan , 6101415090 (2019) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SE-KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (355kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakuriler merupakan kegiatan yang diadakan di luar jam pelajaran sekolah. Ektrakurikuler juga merupakan sarana untuk mengembangkan bakat dan minat siswa terhadap bidang non akademik khususnya dalam bidang olahraga sepakbola serta untuk mencapai prestasi di bidang olahraga sepakbola. Pengelolaan ekstrakurikuler olahraga sepakbola yang baik dapat menunjang ketercapaian tujuan ekstrakurikuler olahraga sepakbola. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan ekstrakurikuler olahraga sepakbola di Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Brebes pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru pendidikan jasmani dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dari 5 sekolah di Kabupaten. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, proses penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sistem pengelolaan ekstrakurikuler olahraga sepakbola di kelima sekolah belum bisa dikatakan baik ditinjau dari belum terpenuhinya fungsi perencanaan dan fungsi pengorganisasian. Pengelolaan ekstrakurikuler sepakbola di kelima sekolah yaitu belum adanya organisasi yang jelas dan terstruktur yang berfungsi mengurusi kegiatan ekstrakurikuler olahraga sepakbola, di kelima sekolah kepengurusan sepenuhnya diserahkan kepada guru pendidikan jasmani. Simpulan penelitian ini adalah sistem manajemen ekstrakurikuler olahraga sepakbola di kelima sekolah. Manajemen ekstrakurikuler dikelima sekolah belum berjalan dengan baik, karena tidak adanya struktur organisasi yang jelas,sistem kepenggurusan sepenuuhnya diserahkan kepada pembiina ekstrakurikuler yaitu guru pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler Sepakbola, Sekolah Menengah Atas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Jul 2020 17:19
Last Modified: 01 Jul 2020 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37136

Actions (login required)

View Item View Item