PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION (ITE) COLLEGE EAST SINGAPORE
Anisa Trihidayati , 6101415089 (2019) PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION (ITE) COLLEGE EAST SINGAPORE. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION (ITE) COLLEGE EAST SINGAPORE)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan jasmani merupakan komponen penting yang diperlukan untuk memfasilitasi belajar gerak siswa (Johnson dan Turner : 2016). Dalam hal pendidikan, negara Indonesia masih dibawah Singapore berdasarkan survei global Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2015 singapore berada di urutan teratas sedangkan Indonesia pada peringkat 69 dari 76 negara. Pelaksanaan kurikulum di Indonesia masih dijumpai hal-hal yang menyimpang sehingga fokus masalah adalah bagaimana pendidikan jasmani di ITE College East dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan jasmani di ITE College East Singapore. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif etnografi yang dilakukan di ITE College East Singapore. Waktu pelaksanaan pada tahun 2018. Narasumber penelitian ini adalah 3 guru, 4 siswa, 1 pengelola sarana prasarana dan 1 masyarakat. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil. Tahapan penelitian yaitu pra penelitian, pelaksanaan penelitian, dan pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian guru memiliki tingkat profesional yang tinggi dari latar belakang pendidikan, jumlah jam mengajar, dan proses seleksi yang panjang. Tanggapan siswa terhadap pendidikan jasmani beragam ada siswa yang suka dan tidak suka. Fasilitas, sarana, dan prasarana memiliki kualitas yang baik. Pembelajaran dilakukan 1 kali dalam 1 minggu dengan durasi 2 jam dengan 4 quadran yaitu indoor sports hall, outdoor, gym, dan pool. Status pendidikan jasmani di masyarakat Singapore ada yang beranggapan penting untuk kesehatan dan ada yang beranggapan tidak penting seperti mengikutkan les matematika, tidak membelikan kelengkapan. Simpulan dan saran yang diberikan adalah pendidikan jasmani di ITE menjadi mata pelajaran yang diwajibkan, proses pembelajaran pendidikan jasmani di Singapore yang secara sederhana memacu siswa untuk bergerak, rencana pelaksanaan pembelajaran yang ringkas, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai yang dapat menjadi pedoman perkembangan pendidikan jasmani di Indonesia menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Jasmani di ITE College East Singapore |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 17:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 17:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37135 |
Actions (login required)
View Item |