Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Anaran 2005/2006


Fajar Kurniawan Saputro, 3301401111 (2007) Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Anaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Anaran 2005/2006]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Anaran 2005/2006) - Published Version
Download (27kB) | Preview

Abstract

Fajar Kurniawan Saputra. 3301401111. 2007. “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Anaran 2005/2006”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Motivasi, Disiplin dan Prestasi Belajar Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktorfaktor lain disamping proses pengajaran itu sendiri. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh motivasi tetapi juga dipengaruhi oleh disiplin. Motivasi adalah daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau daya penggerak dari subyek untuk melakukan suatu perbuatan dalam suatu tujuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006 dan seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar secara bersama-sama siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar secara bersama-sama siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang berjumlah 298 siswa dari 7 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample penelitian ini adalah dengan menggunakan proporsioanl random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 75 siswa yang akan digunakan sebagai sample penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi dan disiplin siswa sebagai variabel bebas serta pretasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi . Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikansi untuk variabel motivasi sebesar 0.014 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 12 Semarang, atau Ha diterima. Untuk variabel disiplin belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0.019 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi siswa di SMA Negeri 12 Semarang, atau Ha diterima. Hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi siswa di SMA Negeri 12 Semarang, atau Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien dterminasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0.204 atau 20.4%. Sedangkan sisanya sebesar 79.6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat siswa yang memiliki kondisi fisik dan psikologis dalam kategori rendah. Untuk meningkatkan kondisi siswa baik secara fisik maupun psikis diperlukan peranan orang tua yaitu dengan memberikan perhatian pada kesehatan anak dan selalu memberikan semangat serta dorongan kepada anak-anaknya agar mereka memiliki rasa percaya diri baik di sekolah maupun di rumah. Hasil penelitian pada variabel disiplin menunjukkan bahwa masih banyak anak yang memiliki perilaku disiplin di dalam kelas dan disiplin menepati jadwal dalam kategori rendah. Dalam hal ini peranan orangtua dan guru juga harus ditunjukkan pada penegakan kedisiplinan anak dalam pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah. Untuk peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan khususnya untuk penelitian yang kaitannya dengan motivasi dan disiplin belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Disiplin dan Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2011 02:10
Last Modified: 24 Aug 2011 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3713

Actions (login required)

View Item View Item