EVALUASI PROGRAM PEMUSATAN LATIHAN KABUPATEN KENDAL CABANG OLAHRAGA ANGGAR DALAM KEGIATAN PORPROV 2018


Saeful Rohman Muzaki , 6101415073 (2019) EVALUASI PROGRAM PEMUSATAN LATIHAN KABUPATEN KENDAL CABANG OLAHRAGA ANGGAR DALAM KEGIATAN PORPROV 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PEMUSATAN LATIHAN KABUPATEN KENDAL CABANG OLAHRAGA ANGGAR DALAM KEGIATAN PORPROV 2018]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM PEMUSATAN LATIHAN KABUPATEN KENDAL CABANG OLAHRAGA ANGGAR DALAM KEGIATAN PORPROV 2018) - Published Version
Download (822kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh prestasi cabang olahraga anggar di Kabupaten Kendal yang tidak memenuhi target. Pada event PORPROV kali ini cabang olahraga anggar menargetkan 1 emas, 1 perak dan 4 perunggu, namun hanya mendapatkan 1 perak dan perunggu. Fokus masalah yaitu program pemusatan latihan pada cabang olahraga anggar. Pertanyaan penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana Program Puslatkab anggar dilihat dari Context program. 2. Bagaimana Program Puslatkab anggar dilihat dari Input program yang meliputi atlet, pelatih, organisasi dan kepengurusan, perencanaan program latihan, sarana dan prasarana serta pendanaan. 3. Bagaimana Program Puslatkab anggar dilihat dari Process program yang meliputi pelaksanaan program, penggunaan sarana dan prasarana, koordinasi dan kinerja pelatih. 4. Bagaimana Program Puslatkab anggar dilihat dari Product program yang meliputi prestasi dan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengevaluasi Program Puslatkab anggar dilihat dari Context program. 2.Untuk mengevaluasi Program Puslatkab anggar dilihat dari Input program. 3.Untuk mengevaluasi Program Puslatkab anggar dilihat dari Process program. 4.Untuk mengevaluasi Program Puslatkab anggar dilihat dari Product program. Penelitian deskriptif kualitatif berupa evaluasi program menggunakan model Context-Input-Process-Product. Variabel penelitian ini adalah cabang olahraga anggar di Kabupaten Kendal yang meliputi pengurus KONI, pengurus IKASI, dan atlet. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen berupa wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program pembinaan olahraga anggar dilihat dari Context program pualatkab dikategorikan baik. Program pembinaan olahraga anggar di Kabupaten Kendal dilihat dari Input program dilihat dari input atlet dikategorikan cukup, pelatih dan pengurus sudah dilakukan seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dikategorikan baik Organisasi dan kepengurusan masing-masing cabor juga baik. Untuk perencanaan program latihan dikategorikan baik. Dukungan dana dikategorikan cukup. Sarana dan prasarana sesuai dengan hasil penelitian di lapangan dikategorikan cukup. Program pembinaan dilihat dari Process program dikategorikan cukup untnuk koordinasi baik. Program pembinaan cabang olahraga Puslatkab di Kabupaten Kendal dilihat dari pruduct program mengenai prestasi atlet dikategorikan cukup. Mengenai insentif dan bonus dapat dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa program pemusatan latihan kabupaten cabang anggar dikategorikan cukup. Saran peneliti agar pemerintah dan pengurus dapat meningkatkan pada aspek pendanaan, sarana prasarana, dan penerapan program latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, PORPROV.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 14:05
Last Modified: 29 Jun 2020 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37106

Actions (login required)

View Item View Item