PROSES PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA CABANG SEPAKBOLA DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018


Rahardian Bayuaji Pamungkas , 6101415071 (2019) PROSES PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA CABANG SEPAKBOLA DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PROSES PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA CABANG SEPAKBOLA DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018]
Preview
PDF (PROSES PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA CABANG SEPAKBOLA DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018) - Published Version
Download (735kB) | Preview

Abstract

Ektrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran, sehubungan hal tersebut maka sekolah dan guru penjas perlu mempertimbangkan kembali dalam upaya meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler utamanya pada ekstrakurikuler olahraga sepakbola. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga sepakbola pada ITE College East Singapore, (2) Mengetahui sarana dan prasarana ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola, (3) Mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang mempengaruhi proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Subjek penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di ITE College East. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah proses pelaksanaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola di ITE College East tahun 2018. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis triangulasi. Teori yang digunakan adalah Teknik Dasar Sepakbola John Elllinger. Hasil penelitian menggambarkan bahwa, (1) Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di ITE College East diatur dan disusun secara tertulis, yaitu dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 5pm-7pm, (2) Sarana dan prasarana yang di sediakan di ITE College East untuk ekstrakurikuler sepakbola, yaitu lapangan, bola, gawang, cone, rompi, seragam jersey, dan tiang bendera, (3) Dalam pemilihan ektrakurikuler siswa ITE College East dapat dikategorikan dalam aspek afektif, dimana siswa memilih ekstrakurikuler melihat dari pengalaman pribadi, dan dukungan dari orang yang penting yaitu orang tua, guru, dan teman sebaya terhadap kegiatan yang berkaitan dengan minat pribadi siswa. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Bagi pihak sekolah agar memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan ekstrakurikuler olahraga. Dengan menambah jadwal latihan dalam seminggu, demikian nantinya melalui ekstrakurikuler sepakbola peserta dapat berprestasi dan mengharumkan nama sekolah, (2) Bagi pelatih, agar lebih memantau dalam ekstrakurikuler baik perkembangan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Sepakbola, ITE College East Singapore
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:47
Last Modified: 29 Jun 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37101

Actions (login required)

View Item View Item