PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MATERI KESEHATAN MELALUI MEDIA BERBASIS E-BOOK BAGI KELAS VII SMPN SE-KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Gimar Nova Andreyanto , 6101415070 (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MATERI KESEHATAN MELALUI MEDIA BERBASIS E-BOOK BAGI KELAS VII SMPN SE-KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MATERI KESEHATAN MELALUI MEDIA BERBASIS E-BOOK BAGI KELAS VII SMPN SE-KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MATERI KESEHATAN MELALUI MEDIA BERBASIS E-BOOK BAGI KELAS VII SMPN SE-KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan media pembelajaran yang penting disuatu tingakat pendidikan. Berdasarkan observasi dilapangan tersebut masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran penjasorkes materi kesehatan melalui media berbasis e-book. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran penjasorkes materi kesehatan melalui media berbasis e-book bagin siswa kelas VII se-Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan (Researchand Develpoment) yang mengacuh pada pengembangan Brog & Gall. Prosedur pengembagan meliputi tahap: 1) Analisis kebutuhan dengan melakukan kajian pustaka, observasi dan wawancara, 2) Membuat draf produk awal, 3) Validasi ahli, 4) Revisi Produk awal, 5) Uji coba lapangan, 6) Revisi produk akhir, 7) Hasil ahkir berupa pengembangan model pembelajaran penjasorkes materi Kesehatan melalui media berbasis e-book bagi kelas VII di SMP Se-Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini diperoleh data evaluasi ahli pendidikan kesehatan sebesar 80% dan ahli media sebesar 97,7% sehingga dapat dirata-rata persentase sebesar 88,75% dan termasuk dalam kategori “baik”. Sedangkan dalam uji coba lapangan mendapatkan hasil sebagai berikut: 1)Guru Penjasorkes SMP Negeri 1 Cepogo mendapatkan persentase sebesar 85%, 2) Guru Penjasorkes SMP Negeri 2 Cepogo mendapatkan hasil persentase sebesar 85,2% ,3) Guru Penjasorkes SMP Negeri 3 Satu Atap Cepogo mendapatkan persentase sebesar 85,75%, sehingga dapat dirata-rata persentase 85,25% termasuk kategori “baik”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran materi kesehatan melalui media berbasis e-book siswa kelas VII di SMP Negeri Se-Kecamatan Cepogo layak untuk digunakan oleh peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar materi kesehatan. Bagi Guru Penjasorkes disarankan dapat menggunakan bahan ajar berbasis e-book ini sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pendidikan kesehatan di kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Pendidikan Kesehatan, E-book.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:45
Last Modified: 29 Jun 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37100

Actions (login required)

View Item View Item