KEEFEKTIFAN MODUL PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA SISWA TATA BUSANA SMK NU MIFTAHUL FALAH


Anggita Fortuna Dewi , 5401412015 (2019) KEEFEKTIFAN MODUL PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA SISWA TATA BUSANA SMK NU MIFTAHUL FALAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODUL PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA SISWA TATA BUSANA SMK NU MIFTAHUL FALAH]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODUL PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA SISWA TATA BUSANA SMK NU MIFTAHUL FALAH) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Membuat Pola adalah mata pelajaran yang memberikan pengetahuan teori dan keterampilan praktik. Waktu pembelajaran yang terbatas dan kurangnya kesadaran siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah diberikan serta menambah pengetahuan secara mandiri membuat hasil belajar siswa kurang optimal. Penggunaan modul diharapkan dapat membantu siswa belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan masing-masing individu secara efektif dan efisien sehingga siswa dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas modul, 2) Mengetahui besarnya efektifitas modul pada mata pelajaran Membuat Pola siswa Tata Busana kelas X di SMK NU Miftahul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan desain One Group Pretest–Posttest, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK NU Miftahul Falah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test dan gain score. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh Thitung= 12,81 lebih besar dari Ttabel= 2,040 dapat diartikan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh adalah 1) Modul valid untuk digunakan pada mata pelajaran Membuat Pola 2) Penggunaan modul efektif pada mata pelajaran Membuat Pola yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK NU Miftahul Falah. Besarnya keefektifan penggunaan modul mata pelajaran Membuat Pola materi pokok membuat pola konstruksi wanita masuk pada kategori sedang yaitu 0,43 atau 43%. Saran yang dapat diajukan yaitu penggunaan modul dalam proses pembelajaran masih mempunyai beberapa kelemahan, salah satunya adalah penggunaan modul secara mandiri membuat siswa yang sungkan bertanya saat mengalami kesulitan menjadi terlambat dalam pengerjaan tugas. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memberi arahan yang jelas selama pembelajaran menggunakan modul dan memberi motivasi siswa agar tidak takut bertanya saat mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Hasil Belajar, Membuat Pola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:46
Last Modified: 29 Jun 2020 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37098

Actions (login required)

View Item View Item