IMPLEMENTASI VIRTUAL BUSINESS CARD BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY


Bambang Satrio , 5302415063 (2019) IMPLEMENTASI VIRTUAL BUSINESS CARD BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI VIRTUAL BUSINESS CARD BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI VIRTUAL BUSINESS CARD BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kartu bisnis masih sering digunakan pada saat ini, ada beberapa fungsi yang dapat dioptimalkan untuk menutupi kekurangan kartu bisnis agar tidak tertinggal dan tergantikan. Kartu bisnis memiliki keterbatasan dalam menampilkan informasi dan tidak interaktif, sehingga kurang menarik untuk digunakan. Teknologi Augmented Reality dapat membuat kartu bisnis konvensional menjadi kartu bisnis digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengembangkan aplikasi Virtual Business Card sebagai media informasi portofolio digital secara AR. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Agile Development jenis Extreme Programming. Langkah-langkah penelitian ini adalah Planning, Design, Coding, dan Testing. Pada pengujian aplikasi, dilakukan dengan pengujian alpha berupa functional testing (uji black box) dan pengujian beta berupa usability testing (uji ahli media dan uji pengguna aplikasi). Penelitian ini menghasilkan aplikasi Virtual Business Card yang berisi data informasi digital yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat dikategorikan “Sangat Baik” sehingga aplikasi dapat dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil pengujian alpha berupa functional testing, uji black box mendapatkan persentase 100%. Hasil pengujian beta berupa usability testing, uji ahli media mendapatkan persentase 89,88% dan uji pengguna mendapatkan persentase 84%. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah mengembangkan aplikasi ini agar bisa menyimpan, mengubah dan menambahkan informasi secara langsung pada aplikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu Bisnis, Virtual Business Card, Augmented Reality, Marker, Platform Android, Agile Development
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:41
Last Modified: 29 Jun 2020 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37096

Actions (login required)

View Item View Item