KAJIAN REFERENSI E-SPORT DALAM RANAH OLAHRAGA (Tinjauan Mengenai Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Fisiologis, dan Filosofi Olahraga)


Yudha Bela Persada , 6101415057 (2020) KAJIAN REFERENSI E-SPORT DALAM RANAH OLAHRAGA (Tinjauan Mengenai Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Fisiologis, dan Filosofi Olahraga). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KAJIAN REFERENSI E-SPORT DALAM RANAH OLAHRAGA (Tinjauan Mengenai Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Fisiologis, dan Filosofi Olahraga)]
Preview
PDF (KAJIAN REFERENSI E-SPORT DALAM RANAH OLAHRAGA (Tinjauan Mengenai Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Fisiologis, dan Filosofi Olahraga)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh E-Sport apakah layak dijadikan sebagai cabang olahraga masih dipertanyakan, perdebatan apakah E-Sport dapat dikategorikan sebagai olahraga juga masih berlanjut hingga saat ini. Untuk sebuah aktivitas dikatakan sebagai olahraga ada beberapa aspek yang harus dipenuhi antara lain, aspek sosial, budaya, ekonomi, fisiologis, dan filosofi olahraga. Namun apakah E-Sport memenuhi aspek-aspek tersebut masih menjadi pertanyaan. Penelitian ini merupakan peneltian Kajian Literatur. menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode pengambilan data melalui jurnal, dan menganalisa data-data tentang masalah yang dikaji, Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan Validasi data. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dari 11 jurnal yang diteliti di dalam aspek sosial menyatakan pro terhadap E-Sport sebanyak 10 sedangkan yang kontra sebanyak 1 jurnal. Kemudian dari 6 jurnal yang diteliti dari aspek budaya semuanya menyatakan pro terhadap E-Sport. Lalu dari 6 jurnal yang diteliti dari aspek ekonomi semuanya menyatakan pro terhadap E-Sport. Dari 7 jurnal yang diteliti dari aspek fisiologis menyatakan pro sebanyak 3 jurnal dan menyatakan kontra sebanyak 4 jurnal. Terakhir dari 7 jurnal yang diteliti dari aspek filosofi menyatakan pro sebanyak 5 jurnal dan menyatakan kontra sebanyak 2 jurnal. Kesimpulan dari peneltian ini adalah Dari segi aspek sosial menyatakan bahwa dalam E-Sport terciptanya interaksi sosial, namun dalam dunia virtual dan memiliki masalah terkait interaksi perbedaan gender. dari segi aspek budaya menyatakan bahwa dalam perkembangan E-Sport terciptanya perkembangan teknologi, serta sarana hiburan dan rekreasi. Lalu dari segi aspek ekonomi menyatakan bahwa dalam E-Sport adanya keuntungan financial, kegiatan komersial, pemasaran, dan strategi bisnis. Selanjutnya dari segi aspek fisiologis E-Sport menyatakan bahwa adanya perubahan fungsi tubuh yang terjadi dari segi postitif dan negatif. Dari segi aspek filosofi ditemukan indikator pendidikan mengenai E-Sport adalah olahraga, pendidikan Pelatih tim E-Sport berfungsi sebagai pedoman untuk kesehatan minimal dan yang terakhir indikator olahraga merupakan gerak manusia yang universal terkait dengan indikator ini E-Sport memiliki masalah dengan perbedaan gender. Bisa ditarik kesimpulan dari teori yang ditiliti bahwa E-Sport adalah olahraga, dan bisa dikembangkan menjadi olahraga lebih besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kajian Literatur, E-Sport, Olahraga.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:39
Last Modified: 29 Jun 2020 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37092

Actions (login required)

View Item View Item