MINAT DAN MOTIVASI IBU-IBU MENGIKUTI SENAM AEROBIK DI EMBUNG WONOLOPO MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2019


Hergiasrum Dyah Bintari , 6101415042 (2019) MINAT DAN MOTIVASI IBU-IBU MENGIKUTI SENAM AEROBIK DI EMBUNG WONOLOPO MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MINAT DAN MOTIVASI IBU-IBU MENGIKUTI SENAM AEROBIK DI EMBUNG WONOLOPO MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2019]
Preview
PDF (MINAT DAN MOTIVASI IBU-IBU MENGIKUTI SENAM AEROBIK DI EMBUNG WONOLOPO MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN 2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah partisipasi ibu-ibu mengikuti senam aerobik setiap akhir pekan yang diselenggarakan di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang. Rumusan masalah 1) faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat dan motivasi ibu-ibu mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang ?, 2) seberapa besar minat dan motivasi ibu-ibu dalam mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang. Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat dan motivasi ibu-ibu mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang, 2) untuk mengetahui seberapa besar minat dan motivasi ibu-ibu dalam mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik deskriptif prosentase. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner/ angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapat bahwa, (1) faktor-faktor yang memengaruhi minat dan motivasi ibu-ibu mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang meliputi dua aspek yaitu minat dan motivasi. Aspek minat mencangkup perasaan senang, perhatian, keterikatan dan aspek keterlibatan, sedangkan aspek motivasi meliputi faktor instrinsik (aktualisasi diri dan fisiologi) dan faktor ekstrinsik (sosial, pelayanan dan sarana prasarana). (2) Berdasarkan hasil dapat diketahui seberapa besar minat dan motivasi ibu-ibu dalam mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang tahun 2019 dari 30 responden menunjukan prosentase keseluruhan 80% dengan kategori termasuk dalam sangat tinggi, sedangkan sisanya 20% tergolong kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah minat dan motivasi ibu-ibu mengikuti senam aerobik di Embung Wonolopo Mijen Kota Semarang tahun 2019 dipengaruhi oleh faktor minat dan faktor motivasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukan angka prosentase sebesar 80%. Saran: 1) mencoba mempromosikan kegiatan senam aerobik di embung, 2) peserta lebih meningkatkan partisiapsinya dan meramaikan kegiatan senam aerobik serta tidak lupa tetap menaati peraturan di embung wonolopo, 3) penyelenggara diharapkan lebih tepat waktu dan mengkreasikan kegiatan agar menarik, 4) pemerintah lebih memperhatikan perbaikan fasilitas di Embung Wonolopo agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Senam Aerobik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:30
Last Modified: 29 Jun 2020 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37089

Actions (login required)

View Item View Item