SURVEI SARANA DAN PRASARANA UKS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PURBALINGGA TAHUN 2019


Anaz Haryansyah Suseno , 6101415039 (2019) SURVEI SARANA DAN PRASARANA UKS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PURBALINGGA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI SARANA DAN PRASARANA UKS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PURBALINGGA TAHUN 2019]
Preview
PDF (SURVEI SARANA DAN PRASARANA UKS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN PURBALINGGA TAHUN 2019) - Published Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Ketersediaan Sarana dan Prasarana Usaha Kesehatan Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Purbalingga belum memadai dan masih terdapat beberapa kendala. Fokus masalah masih terdaat keterbatasan ketersediaan sarana prasarana Usaha Kesehatan Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Purbalingga.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan mengkaji ketersediaan sarana prasarana UKS di SMP Negeri Purbalingga. Pendekatan penelitian melalui deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP N 1 Purbalingga, SMP N 2 Purbalingga, SMP N 3 Purbalingga, SMP N 4 Purbalingga. Sasaran penelitian :subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa ,obyek penelitian ketersediaan dan kondisi sarana prasarana Usaha Kesehatan Sekolah di SMP Negeri Purbalingga. Instrumen penelitian human instrument, metode pengumpulan data menggunakan observasi melalui:wawancara, pengamatan,penelusuran dokumen, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi.Analisis data menggunakan metode yang dilakukan secara terus menerus, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ketersediaan sarana dan prasarana UKS di SMP Negeri 1 Purbalingga tergolong baik, ketersediaan sarana dan prasarana UKS di SMP Negeri 2 Purbalingga tergolong cukup, ketersediaa sarana dan prasarana UKS di SMP Negeri 3 Purbalingga tergolong cukup, ketersediaan sarana dan prasarana UKS SMP Negeri 4 Purbalingga tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana Usaha Kesehatan Sekolah dari 4 sekolah SMP Negeri Purbalingga tergolong cukup memadai, tetapi masih terdapat beberapa kendala.Dari 4 sekolah untuk Prasarana di ruang UKS terdapat keterbatasan dari segi pencahayaan, sarana di ruang UKS terdapat keterbatasan belum ada tensimeter, termometer dan tempat cuci tangan. Ketersediaan Prasarana kantin sekolah terdapat keterbatasaran dari segi jumlah ruang kantin yang masih sedikit, sarana kantin tergolong sudah memadai. Ketersediaan prasarana toilet terdapat kendala jumlah ruang toilet yang belum sesui dengan rasio jumlah siswa, sarana toilet terdapat keterbatasan belum ada tempat sampah.Ketersediaan prasarana halaman sekolah tergolong cukup memadai, sarana halaman sekolah terdapat keterbatasan belum ada pagar tanaman, kolam ikan dan pepohonan.Berdasarkan simpulan diharapkan ketersediaan sarana dan prasarana Usaha Kesehatan Sekolah di SMP Negeri Purbalingga dilengkapi sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana, Prasarana, Usaha Kesehatan Sekolah
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:22
Last Modified: 29 Jun 2020 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37085

Actions (login required)

View Item View Item