PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRA SMK NEGERI Se-KOTA SEMARANG TAHUN 2019


Afif Apriyanto , 6101415033 (2019) PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRA SMK NEGERI Se-KOTA SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRA SMK NEGERI Se-KOTA SEMARANG TAHUN 2019]
Preview
PDF (PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRA SMK NEGERI Se-KOTA SEMARANG TAHUN 2019) - Published Version
Download (862kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ingin mengetahui Profil Kondisi Fisik Pemain Ekstrakurikuler Futsal Putra SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun 2019. Ketika pertandingan yang berlangsung dengan lawan yang seimbang dibawah tim, pemain terlihat cepat mengalami kelelahan sehingga dapat merusak konsentrasi dan kerjasama tim menjadi tidak maksimal, seperti dari shooting yang lemah, passing yang tidak akurat dan taktik serta strategi yang di instruksikan pelatih tidak berjalan dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif dengan teknik survei dengan satu kali pengumpulan data. Teknik tes dan pengukuran merupakan cara mendapatkan data. Data diperoleh dari tes 1) Leg Dynamometer, 2) 30 meter Accelaration Test, 3) Standing Long Jump, 4) Illionis Agility Run Test, 5) Multi Fitnes Test, 6) Modified sit and reach. Populasi penelitian: pemain ekstrakurikuler futsal putra SMK Negeri se-Kota Semarang Tahun 2019. Teknik Pengambilan sampel: Total Sampling. Jumlah pemain yang mengikuti tes: 60 pemain. Hasil penelitian mengenai 60 pemain ekstrakurikuler futsal putra SMK Negeri se-Kota Semarang Tahun 2019 dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu dari 6 item tes fisik rata-rata keseluruhan terdapat 0 pemain (0%) dengan klasifikasi baik sekali, 1 pemain (1,7%) dengan klasifikasi baik, 32 pemain (53,3%) dengan klasifikasi sedang, 27 pemain (45%) dengan klasifikasi kurang, dan 0 pemain (0%) dengan klasifikasi kurang sekali. Hasil kesimpulan secara rata-rata kondisi fisik pemain ekstrakurikuler futsal putra SMK Negeri se-Kota Semarang secara keseluruhan dalam klasifikasi sedang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi fisik para pemain menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, para pemain perlu meningkatkan program latihan supaya kondsi fisiknya dapat meningkat dan dapat bermain secara baik sesuai instruksi pelatih. Selanjutnya pelatih diharapkan lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi fisik para pemain dengan ditambah memotivasi pemain agar lebih giat untuk berlatih futsal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Fisik, Pemain, Futsal.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:19
Last Modified: 29 Jun 2020 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37083

Actions (login required)

View Item View Item