PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG MASKULINITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM AEROBIK DI SMA NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2019


Edy Wijayanto , 6101415029 (2019) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG MASKULINITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM AEROBIK DI SMA NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG MASKULINITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM AEROBIK DI SMA NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2019]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG MASKULINITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM AEROBIK DI SMA NEGERI KOTA SEMARANG TAHUN 2019) - Published Version
Download (848kB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan pandangan seseorang terhadap suatu objek yang diterima pancaindera. Dalam proses pembelajaran senam aerobik terdapat peserta didik dengan karakteristik maskulinitas yang identik dengan gagah dan kelaki-lakian yang cenderung mengalami tidak kepercayaan diri dikarenakan pembelajaran senam aerobik sebagian besar di senangi siswa perempuan. Sehingga memunculkan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pendidikan jasmani tentang maskulinitas terhadap pembelajaran senam aerobik pada peserta didik Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi, hambatan serta tindakan guru pada pembelajaran senam aerobik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani SMA Negeri dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Persepsi guru terhadap peserta didik yang maskulin yang mengikuti pembelajaran senam aerobik adalah peserta didik yang aktif, tetapi kurang tanggap dalam mengikuti pembelajaran senam aerobik. 2) Hambatan yang dihadapi guru peserta didik yang maskulin lebih sulit dalam melaksanakan koordinasi gerakan senam aerobik dengan pola gerakan atau koreo yang rumit. 3) guru mempunyai strategi untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, menggembirakan dan bersemangat sehingga anak bisa termotivasi. Simpulan dalam penelitian ini bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap maskulinitas pada pembelajaran senam aerobik sudah berjalan dan mengakomodir karakteristik peserta didik yang ada. Hambatan yang dihadapi guru pendidikan jasmani diantaranya peserta didik maskulin sulit untuk diatur dan terkadang tidak menjalankan instruksi dari guru. Saran yang diajukan yaitu kepada guru pendidikan jasmani selaku fasilitator dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menumbuhkan suasana belajar yang menarik, menyenangkan dan menggembirakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Maskulinitas, Senam Aerobik, Peserta Didik.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 Jun 2020 13:08
Last Modified: 29 Jun 2020 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37080

Actions (login required)

View Item View Item