MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
CIPTO HERI PURNOMO , 6101412198 (2019) MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK NEGERI SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prestasi SMK dibidang olahraga lebih tinggi dibandingkan prestasi di SMA. Dengan adanya motivasi siswa dapat mendorong dirinya untuk lebih giat berlatih dan mencapai hasil yang maksimal khususnya ekstrakurikuler olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi dan motivasi apa sajakah yang mempengaruhi peserta dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMK Negeri se-Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri se-Kota Pekalongan yang aktif mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 196 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil Penelitian diperoleh (1) rata-rata siswa di SMK Negeri se-Kota Pekalongan memiliki kecenderungan motivasi dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga termasuk dalam kategori tinggi, (2) motivasi yang mempengaruhi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMK Negeri se-Kota Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020 terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Pada motivasi intrinsik motivasi intrinsik diperoleh hasil bahwa persentase tertinggi terdapat pada indikator “adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil” sedangkan persentase terendah terdapat pada indikator “adanya potensi”. Sedangkan pada motivasi ekstrinsik, persentase tertinggi terdapat pada indikator “adanya penghargaan dalam pembelajaran” sedangkan persentase terendah terdapat pada indikator “sosial dan budaya”. Simpulan dari penelitian ini yaitu motivasi dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga termasuk dalam kategori tinggi motivasi terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi pembina atau pelatih hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga misalnya dengan mengadakan program latihan yang menarik. Sekolah hendaknya lebih memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai serta memberikan penguatan berupa hadiah-hadiah bagi siswa yang berprestasi atau membawa nama sekolah. Dengan penguatan tersebut diharapkan dapat lebih mendorong siswa untuk giat berlatih.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Ekstrakurikuler Olahraga |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 28 Jun 2020 14:48 |
Last Modified: | 28 Jun 2020 14:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37077 |
Actions (login required)
View Item |