EFEK EMPATI TERHADAP CYBERBULLYING MELALUI MORAL DISENGAGEMENT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
BOBY ARDHIAN NUSANTARA, 0105516045 (2020) EFEK EMPATI TERHADAP CYBERBULLYING MELALUI MORAL DISENGAGEMENT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Nusantara, Boby Ardhian. 2020. “Pengaruh Empati Terhadap Cyberbullying Yang Dimediasi Moral Disengagement Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang”. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto M.Pd, Kons. Pembimbing II Mulawarman S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata Kunci : Moral Disengagement, Cyberbullying, Empati, Mahasiswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi fenomena mengenai cyberbullying pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang tinggi dan studi riset yang dimana terdapat pengaruh yang kurang signifikan pada empati dan bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tidak langsung empati, moral disengagement dan cyberbullying beserta pengaruh langsung antar variabel. Desain penelitian ini menggunakan korelasi eksplanatorik dengan sampel berjumlah 310 responden yang dipilih menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Interpersonal Reactivity Indeks (IRI) scale dengan nilai reliabilitas .809 , Mechanisms of Moral Disengagement Scale dengan nilai reliabilitas .916, Cyberbullying Scale dengan nilai reliabilitas .858. Teknik analisis menggunakan bootstrapping bias-corrected. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata cyberbullying sebesar 24.35 berada dalam kategori rendah, dan rata-rata moral-disengagement sebesar 97.48 termasuk dalam kategori sedang, dan rata-rata empati sebesar 101.9 berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa empati memiliki pengaruh yang signifikan dengan moral disengagement dengan nilai (β = -.5661; p<0,05) . moral disengagement memiliki pengaruh yang signifikan dengan cyberbullying dengan nilai (β = .0677; p<0,05). empati memiliki pengaruh yang signifikan dengan cyberbullying dengan nilai (β = -.0715; p<0,05). Empati melalui moral disengagement memiliki pengaruh signifikan dengan cyberbullying dengan nilai (β = -.0383; p<0,05). Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu variabel empati memiliki pengaruh yang signifikan dengan cyberbullying melalui moral disengagement. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan empati terhadap cyberbullying melalui moral disengagement. Saran kepada peneliti selanjutnya dapat menggunakan model penelitian atau variabel lain yang belum dibahas dalam penelitian ini. Sedangkan saran kepada konselor di perguruan tinggi hendaknya dapat menyarankan untuk melakukan pelatihan empati pada khususnya pada aspek kognitif. Dikarenakan sifat dunia maya yang anonim sehingga perlunya kemampuan pengambilan perspektif yang tinggi supaya terjadi pencegahan pada perilaku agresif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral Disengagement, Cyberbullying, Empati, Mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 15:38 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 15:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37025 |
Actions (login required)
View Item |