SURVEI TINGKAT KREATIVITAS GURU PENJAS DALAM MODIFIKASI ALAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESDI SMP NEGERI DI-KABUPATEN BANYUMAS
FAUZI HARIS PAMBUDI , 6101412179 (2019) SURVEI TINGKAT KREATIVITAS GURU PENJAS DALAM MODIFIKASI ALAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESDI SMP NEGERI DI-KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (SURVEI TINGKAT KREATIVITAS GURU PENJAS DALAM MODIFIKASI ALAT DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKESDI SMP NEGERI DI-KABUPATEN BANYUMAS)
- Published Version
Download (794kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketebatasan sarana dan prasarana yang memicu guru penjasorkes harus pintar dalam memodifikasi alat ataupun permainan. dengan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu: bagaimana tingkat kreativitas guru penjas dalam modifikasi alat pembelajaran penjasorkesdi SMP Negeri di- Kabupaten Banyumas? Fenomena yang ada menunjukkan dengan adanya penerapan kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas terdapat kendala yang dialami guru penjasorkes dalam memodifikasi alat ataupun permainan guna mencegah kejenuhan pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui mengetahui tingkat kreativitas guru penjas dalam modifikasi alat pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri di- KabupatenBanyumas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru Penjasorkes di SMP Negeri di- KabupatenBanyumas. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 22 guru Penjasorkes di SMP Negeri di- Kabupaten Banyumas. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebanyak 36 butir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan nilai Corrected Item-Total Correlation 0,363-0,581 dan nilai Cronbach Alpha 0,841. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada indikator “Kemampuan dalam melihat masalah yang berhubungan dengan modifikasi alat pembelajaran’’ sebanyak 57,09% atau termasuk dalam kategori sedang. Pada indikator“Kemampuan dalam menciptakan ide memodifikasi alat pembelajaran” sebanyak 52,49% atau termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada indikator “Sikap menerima dan terbuka dengan hal- hal baru”sebanyak 61,56% atau termasuk dalam kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu tingkat kreativitas guru penjasorkes dalam modifikasi alat pembelajaran penjasorkes secara keseluruhan sebanyak 50% termasuk dalam kategori rendah. Saran yang dapat diberikan yaitu Guru hendaknya dapat lebih meningkatkan kreativitas dalam melihat dan mengidentifiikasi suatu masalah, serta berusaha lebih terbuka dan menerima hal-hal baru untuk menjaga dan meningkatkan kualitas diri serta kualitas pembelajaran penjasorkes dengan cara membuat modifikasi alat pempelajaran penjasorkes yang lebih kreatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Guru Penjas, Modivikasi Alat |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 15:09 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 15:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37023 |
Actions (login required)
View Item |