PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD


ANGGI HARY PRASADI, 0103517063 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ANGGI_HARY_PRASADI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Prasadi, Anggi Hary. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering Mathematics) dan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD”. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Wiyanto, M.Si., Pembimbing II Dr. Erni Suharini, M.Si. Kata Kunci: LKPD, STEM, Kearifan Lokal, Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, keefektifan, dan kepraktisan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD Negeri 5 Parakan Kauman setelah mengikuti pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering Mathematics) dan Kearifan Lokal. Penelitian ini mengadopsi prosedur penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Desain penelitian yang digunakan adalah “One Groups Pretest-Posttests Design” dengan subjek penelitian 24 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi, lembar wawancara, lembar uji validasi ahli, tes tertulis (pretest dan postest), dan lembar koesioner (angket). Hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat dianalisis bahwa validitas LKPD menurut validator ahli materi sebesar 86,5 dengan kategori sangat valid, validator ahli media sebesar 78,4 dengan kategori valid, dan validator ahli bahasa sebesar 87,5 dengan kategori sangat valid. Keefektifan LKPD menurut hasil perhitungan uji N-Gain sebesar 62,7809 atau 62,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan nilai N-Gain score minimal 57,14% dan maksimal 66,67%. Untuk tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dikategorikan baik dan sangat baik. Kepraktisan LKPD menurut hasil dari responden guru menghasilkan nilai 67 dengan kategori menarik dan responden siswa menghasilkan nilai rerata 84 dengan kategori sangat menarik. Simpulan penelitian yaitu pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering Mathematics) dan kearifan lokal layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Worksheet, STEM, Local Wisdom, Critical Thinking
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 25 Jun 2020 14:42
Last Modified: 25 Jun 2020 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37021

Actions (login required)

View Item View Item