PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN FARTLEK DAN LATIHAN INTERVAL TERHADAP DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PERMAINAN DI SMP 2 NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Muhammad Fizar Pratama , 6101415014 (2019) PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN FARTLEK DAN LATIHAN INTERVAL TERHADAP DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PERMAINAN DI SMP 2 NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN FARTLEK DAN LATIHAN INTERVAL TERHADAP DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PERMAINAN DI SMP 2 NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN FARTLEK DAN LATIHAN INTERVAL TERHADAP DAYA TAHAN KARDIOVASKULER PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA PERMAINAN DI SMP 2 NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan sarana bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan dalam bidang olahraga maupun seni. Dari beberapa cabang olahraga yang ada,durasi pertandingan yang digunakan yaitu berpatokan dengan waktu atau ditentukan dengan point sehingga membutuhkan energi dan daya tahan yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan pengaruh metode latihan fartlek dan latihan interval pada siswa peserta ekstrakurikuler olahraga dan permainan di SMP 2 Ngadirejo Temanggung tahun 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan fartlek dan latihan interval pada siswa peserta ekstrakurikuler olahraga dan permainan di SMP 2 Ngadirejo Temanggung tahun 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen, desain pre-test and post-test group dengan pola M-S (matching by subject design). Kedua kelompok di seimbangkan dengan cara subject matching ordinal pairing dengan rumus ABBA. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler olahraga dan permainan SMP 2 Ngadirejo Tahun 2019 berjumlah 80 anak. Sampel yang digunakan 44 anak diambil dengan cara menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan adalah multistage fitness test (bleep test). Hasil uji coba instrumen besarnya reliabilitas 0,98 dan nilai validitas 0,77. Analisis data menggunakan paired sampel t-test dan independent sampel t-test.. Uji perbedaan rata-rata pre test dan post test kelompok eksperimen 1 nilai t-hitung = 9,574, taraf signifikan 5%, df= N-1 =22-1=21 t-tabel = 2,080, t-hitung > t-tabel (9,574 > 2,080). Kelompok eksperimen 2 nilai t-hitung = 11,629, taraf signifikan 5%, df= N-1, 22-1=21 t-tabel = 2,080, t-hitung > t-tabel (11,629> 2,080). Uji perbedaan pengaruh kelompok 1 dan 2 nilai t-hitung = 1,267, taraf signifikan 5% df=42 t-tabel = 2,018, t-hitung < t-tabel (1,267 < 2,018). Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa latihan metode fartlek training dan metode interval training tidak ada perbedaan berpengaruh terhadap peningkatan daya tahan kardiovaskuler pada peserta ekstrakurikuler olahraga permainan SMP Negeri 2 Ngadirejo Temanggung Tahun 2018/2019. Kesimpulan hasil penelitian latihan antara metode latihan fartlek dan interval sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil daya tahan namun latihan interval lebih baik daripada latihan fartlek dengan selisih rata-rata sebesar 3,7 . Saran kepada pelatih diharapkan dapat menerapkan metode interval dalam upaya meningkatkan daya tahan kardiovaskuler atlet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fartlek, Interval, Daya Tahan Kadiovaskuler, Ekstrakurikuler
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 16:54
Last Modified: 24 Jun 2020 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36995

Actions (login required)

View Item View Item