SURVEI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MENSPONSORI EVENT OLAHRAGA DI TEGAL


Rizqi Teguh Iskandar , 6101415006 (2020) SURVEI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MENSPONSORI EVENT OLAHRAGA DI TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MENSPONSORI EVENT OLAHRAGA DI TEGAL]
Preview
PDF (SURVEI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MENSPONSORI EVENT OLAHRAGA DI TEGAL) - Published Version
Download (874kB) | Preview

Abstract

Faktor status event, simpati perusahaan terhadap event, event yang sesuai dengan produk atau merek perusahaan, sikap panitia penyelenggara terhadap perusahaan, ketulusan atau sukarela perusahaan dalam memberikan sponsor berpengaruh terhadap keputusan perusahaan mensponsori event olahraga. Suatu event olahraga sangat memerlukan peran sponsor, sebab dengan adanya sponsor sangat menguntungkan bagi setiap event olahraga. Rumusan masalah penelitian ini adalah sejauh mana faktor mana yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga di Tegal? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor mana yang mempunyai pengaruh tehadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga di Tegal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian secara deskriptif dengan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 10 perusahaan di Tegal, sampel penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik perusahaan, bagian administrasi atau keuangan, bagian pemasaran, karyawan. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dari 40 responden terpilih. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh faktor Status event, simpati perusahaan terhadap event, event yang sesuai dengan produk atau merek perusahaan, sikap panitia penyelenggara terhadap perusahaan, ketulusan atau sukarela perusahaan dalam memberikan sponsor terhadap keputusan perusahaan mensponsori event olahraga di Tegal yaitu sebesar 45,8%, sisanya 54,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum terungkap dalam penelitian ini. Hal tersebut menunjukan bahwa faktor-faktor tersebut dapat digunakan sebagai acuan event organizer mendapatkan sponsor. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor Status event, simpati perusahaan terhadap event, event yang sesuai dengan produk atau merek perusahaan, sikap panitia penyelenggara terhadap perusahaan, ketulusan atau sukarela perusahaan dalam memberikan sponsor berpengaruh terhadap keputusan perusahaan mensponsori event olahraga di Tegal. Saran yang dapat disampaikan adalah pelaku event organizer di Tegal sebaiknya menggunakan faktor-faktor tersebut dalam mencari sponsor. Namun, faktor lain juga tetap dipertimbangkan untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perusahaan, Sponsor, Event Olahraga.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 16:47
Last Modified: 24 Jun 2020 16:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36993

Actions (login required)

View Item View Item