Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Non Lokomotor Melalui Permainan Hindball Pada Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pendekatan TPSR Tahun 2018 (Teaching Personal and Social Responsibility)


Emilia Dwi Purharini , 6101414153 (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Non Lokomotor Melalui Permainan Hindball Pada Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pendekatan TPSR Tahun 2018 (Teaching Personal and Social Responsibility). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Non Lokomotor Melalui Permainan Hindball Pada Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pendekatan TPSR Tahun 2018 (Teaching Personal and Social Responsibility)]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Non Lokomotor Melalui Permainan Hindball Pada Kelas III Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pendekatan TPSR Tahun 2018 (Teaching Personal and Social Responsibility)) - Published Version
Download (668kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah terdapat banyak kendala yang dihadapi oleh guru dilapangan terkait proses pembelajaran disekolah khususnya sekolah dasar kelas III, ketidak sesuaian antara kompetensi dasar yang ada di kurikulum dengan materi yang ada di buku teks guru dan siswa sehingga terkesan tidak ada keseimbangan di dalamnya. Kemudian isi materi tidak dapat dipakai sebagai petunjuk pembelajaran secara utuh karena uraiannya kurang tajam. Bagaimana Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Non Lokomotor Melalui Permainan HindballPada Kelas III Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan TPSR tahun 2018 (Teaching Personal and Social Responsibility)? Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan produk Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Gerak Dasar Non Lokomotor Melalui Permainan Hindball Pada Kelas III Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan TPSR tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode menggunakan Brog dan Gall dalam Sugiyono (2015:9).Penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan dengan langkahnya: 1) melakukan analisis kebutuhan dari hasil observasi ke 10 sekolah di daerah provinsi Jawa Tengah, wawancara dengan 10 guru dan kajian pustaka 2) mengembangkan produk awal 3) evaluasi ahli permainan dan ahli pembelajaran serta uji coba kecil 4) revisi produk awal 5) uji coba besar dan uji kelayakan 6) revisi produk akhir 7) hasil akhir permainan. Responden penelitian siswa kelas III SD Negeri di Kota Semarang dengan jumlah uji coba kecil (n=25), uji coba besar (n=37), (n=30). Hasil penelitian berdasarkan validasi dari ahli permainan sebagai berikut uji coba kecil prosentase 80%, ahli pembelajaran 1 prosentase 89,29%, siswa prosentase 85,86% masuk kedalam kriteria ”sangat baik” dan layak untuk di uji cobakan selanjutnya. Penilaian pada uji coba besar ahli permainan prosentase 93,75%, ahli pembelajaran 2 prosentase 95%.Siswa prosentase 85,6% layak untuk digunakan. Dan hasil prosentase untuk uji skala besar adalah 85,8% layak untuk digunakan. Simpulan penelitian pengembangan model pembelajaran materi gerak dasar non lokomotor Melalui Permainan Hindball Pada kelas III Sekolah Dasar menggunakan pendekatan TPSR layak untuk digunakan di sekolah dasar sesuai dengan karakter anak masing-masing khususnya kelas III dan dapat dikembangkan dengan permainan model yang lain. Peneliti mengharapkan ada penelitian lanjutan untuk mengembangkan model pembelajaran materi gerak dasar non lokomotor dengan pendekatan TPSR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Gerak Dasar Non Lokomotor, TPSR.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 15:24
Last Modified: 24 Jun 2020 15:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36987

Actions (login required)

View Item View Item