MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM OLAHRAGA MINGGU PAGI DI ALUN-ALUN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG


Afnan Fauzi , 6101414149 (2018) MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM OLAHRAGA MINGGU PAGI DI ALUN-ALUN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM OLAHRAGA MINGGU PAGI DI ALUN-ALUN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM OLAHRAGA MINGGU PAGI DI ALUN-ALUN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah yaitu setelah direnovasinya alun-alun Temanggung membuat masyarakat yang datang ke alun-alun Temanggung semakin ramai terutama pada pagi hari di akhir pekan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah seperti apakah minat dan motivasi masyarakat dalam melakukan olahraga minggu pagi di alun-alun Temanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan motivasi masyarakat dalam melakukan olahraga minggu pagi di alun-alun Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Instrumen penelitian meliputi wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah pengunjung alun-alun Temanggung yang melakukan olahraga jalan kaki, jogging, bersepeda dan aerobik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Minat masyarakat dapat dilihat dari perasaan senang masyarakat dalam melakukan aktivitas olahraga, keterlibatan masyarakat dalam suatu kelompok olahraga, dan ketertarikan masyarakat akan kegiatan yang ada di alun-alun Temanggung. (2) Motivasi masyarakat dapat dilihat dari pemenuhan kebutuhan fisiologis masyarakat untuk memperoleh kesehatan, kebutuhan masyarakat untuk memperoleh perasaan aman, kebutuhan sosial masyarakat untuk berinteraksi antar sesama, kebutuhan masyarakat untuk dihargai dan diakui oleh masyarakat lain, dan kebutuhan masyarakat mengaktualisasikan apa yang ada dalam dirinya. Simpulan dalam penelitian ini (1) dari aspek minat adalah masyarakat Temanggung merasa senang karena tempatnya semakin bersih dibanding dulu sebelum direnovasi, masyarakat yang terlibat dalam kelompok/komunitas merasa lebih senang dan tidak mudah bosan, dan ketertarikan masyarakat yang berkunjung dipengaruhi oleh suatu objek atau kegiatan. (2) Dari aspek motivasi adalah masyarakat datang ke alun-alun Temanggung untuk melakukan olahraga pagi dengan alasan kesehatan, masyarakat sudah mengetahui resiko yang mungkin terjadi saat melakukan aktivitas olahraga, masyarakat yang berkunjung bersama kelompoknya lebih terlihat interaksinya, masyarakat yang melakukan olahraga bersama kelompoknya lebih dihargai dan diakui keberadaannya, dan mayoritas masyarakat melakukan olahraga hanya untuk rekreasi bukan untuk mengembangkan bakatnya. Saran yang diajukan yaitu; (1) masyarakat bisa memanfaatkan alun-alun Temanggung lebih baik, (2) pihak pengelola diharapkan meningkatkan pelayanan dan fasilitas umum, dan (3) pemerintah diharapkan melakukan pemetaan kegiatan dan lebih berperan dalam kegiatan olahraga pagi di alun-alun Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Masyarakat, Olahraga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 15:11
Last Modified: 24 Jun 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36985

Actions (login required)

View Item View Item