SURVEI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN PSIS STORE DAN PANSER BIRU STORE DI KOTA SEMARANG


Didit Adiatia , 6101414145 (2019) SURVEI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN PSIS STORE DAN PANSER BIRU STORE DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN PSIS STORE DAN PANSER BIRU STORE DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (SURVEI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN PSIS STORE DAN PANSER BIRU STORE DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (849kB) | Preview

Abstract

Perkembangan PSIS Store dan Panser Biru Store di bidang industri olahraga sebagai salah satu official merchandise klub PSIS Semarang. Berdasarkan data yang ada, 40% dari total stock jersey PSIS terjual hanya dalam waktu dua pekan menurut wawancara dengan Wisnu Adi selaku manager official PSIS Store pada Rabu, 16 Januari 2019. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap penjualan PSIS Store dan Panser Biru Store di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap penjualan PSIS Store dan Panser Biru Store di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Variabel dalam penelitian ini yakni, tingkat kepuasan konsumen sebagai variabel independen dan penjualan sebagai variabel dependen. Jumlah populasi adalah 1000 orang/store dan jumlah sampel untuk masing-masing store adalah 50 orang dengan menggunakan incidental sampling sebagai teknik pengukuran sampel. Pengambilan data penelitian ini dengan metode wawancara untuk pengelola PSIS Store dan pengelola Panser Biru Store, sedangkan untuk konsumen menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan pernyataan responden PSIS Store sejumlah 50 orang, dari indikator kesesuaian harapan memiliki nilai rata-rata sebesar 3,97 dalam kategori baik, dari indikator minat berkunjung kembali, memiliki nilai rata-rata 4,46 dengan kategori sangat baik, dan dari indikator kesediaan merekomendasikan memiliki nilai rata-rata 4,42 dengan kategori sangat baik. (2) Berdasarkan pernyataan responden Panser Biru Store sejumlah 50 orang, dari indikator kesesuaian harapan memiliki nilai rata-rata sebesar 4,75 dalam kategori sangat baik, sedangkan dari indikator minat berkunjung kembali, memiliki nilai rata-rata 4,38 dalam kategori sangat baik, dan dari indikator kesediaan merekomendasikan memiliki nilai rata-rata 4,28 dengan kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini (1) kualitas dan varian produk PSIS Store dapat memenuhi harapan kepuasan konsumen, namun dari segi kesesuaian harapan masih terkendala dengan lokasi dimana PSIS Store berada, karena sebagian besar konsumen menganggap bahwa lokasi tersebut tidak ideal atau tergolong sulit dicari. (2) Sebagian besar konsumen Panser Biru Store merasa puas dengan varian produk yang ditawarkan. Akan tetapi dari segi fasilitas, beberapa konsumen menyatakan bahwa fasilitas penunjang yang tersedia sedikit kurang memadai. Saran yang diajukan yaitu; (1) PSIS Store hendaknya menyediakan lokasi usaha yang lebih mudah dijangkau oleh konsumen dan (2) Bagi pengelola Panser Biru Store untuk lebih meningkatkan fasilitas penunjang yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Konsumen, Penjualan, Store
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 15:06
Last Modified: 24 Jun 2020 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36984

Actions (login required)

View Item View Item