SURVEI KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018


Kukuh Yuman Zakaria , 6101414133 (2019) SURVEI KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018]
Preview
PDF (SURVEI KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018) - Published Version
Download (671kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah mengenai aktivitas pembelajaran ruang lingkup beladiri yang jarang diajarkan di pembelajaran pendidikan jasmani tingkat Sekolah Menangah Atas di Kabupaten Banyumas. Permasalahan penelitian bagaimana proses aktivitas pembelajaran beladiri di pembelajaran pendidikan jasmani SMA Kabupaten Banyumas?. Tujuan penelitian untuk Mendeskripsikan tentang pembelajaran beladiri dan mendeskripsikan tentang persepsi atau pandangan guru penjas mengenai pembelajaran pendidikan jasmani bertema beladiri. Jenis penelitian ini adalah survey, analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, pemilihan dan penyajian data pengambilan sampel sumber data di lakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran adalah kurikulum 2013 dengan mengedepanakan pendidikan karakter dimana pendidikan jasmani sarat nilai karakter terutama nilai sportifitas. Beberapa sekolah sudah melaksanakan pembelajarn beladiri pada setiap ruang lingkup beladiri salah satunya pencak silat. Olahraga warisan budaya tersebut berhak mendapat perhatian khusus untuk diajarkan ke siswa meskipun siswa masih takut dan pembelajaran tidak efektif karena tidak ada fasilitas peralatan yang aman. Sehingga pembelajaran beladiri jarang diajarkan. Perlu adanya upaya dari pihak sekolah untuk memberikan kesempatan lebih kepada guru pendidikan jasmani untuk menyelenggarakan pembelajaran beladiri kepada siswa. Saran yang diberikan adalah (1) Memberikan kesempatan kepada penerapan kurikulum pendidikan jasmani beserta rencana pelaksanaan pembelajaran untuk menyesuaikan ruang lingkup beladiri sehingga materi tersampaikan (2) Pengawalan lebih pada pembelajaran beladiri sehingga siswa merasa aman dan mengurangi kelalaian dalam mengajar (3) Pengadaan alat pembelajaran beladiri yang aman dilaksanakan untuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Beladiri, Sekolah Menengah Atas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 14:59
Last Modified: 24 Jun 2020 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36983

Actions (login required)

View Item View Item