MOTIVASI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA ANGGOTA KLUB TONNIS AMONGRAGA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018


Wuri Nur Khabibah , 6101414112 (2018) MOTIVASI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA ANGGOTA KLUB TONNIS AMONGRAGA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MOTIVASI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA ANGGOTA KLUB TONNIS AMONGRAGA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018]
Preview
PDF (MOTIVASI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA ANGGOTA KLUB TONNIS AMONGRAGA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2018) - Published Version
Download (781kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini belum adanya data yang pasti berkaitan dengan motivasi dan tingkat kebugaran jasmani anggota klub Tonnis Amongraga di Kabupaten Kudus. Rumusan masalah dalam penelitian in adalah bagaimana motivasi dan tingkat kebugaran jasmani pada anggota klub Tonnis Amongraga Kabupaten Kudus tahun 2018. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan tingkat kebugaran jasmani pada anggota klub Tonnis Amongraga Kabupaten Kudus tahun 2018. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian survey menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one-shoot. Variabel penelitian ini ada 2 yaitu variabel bebas adalah motivasi dan variabel terikat adalah tingkat kebugaran. Populasi dalam penelitian ini seluruh anggota klub tonnis Amongraga Kabupaten Kudus tahun 2018 yaitu berjumlah30 anggota. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anggota dengan teknik penarikan sampel menggunakan total sampling dengan cara mengambil seluruh anggota populasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes jalan kaki 4,8 km. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif prosentase. Hasil penelitian, untuk tingkat kebugaran jasmani anggota klub tonnis Amongraga :Baik sekali (0%), Baik (73,3%), Sedang (26,7%), Buruk (0%), Buruk sekali (0%). Untuk motivasi, diantaranya adalah sebagai berikut :Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran, Memiliki banyak manfaat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa motivasi anggota Klub Tonnis Amongraga Kabupaten Kudus Tahun 2018 mengikuti bahkan memilih olahraga tonnis sesuai dengan Teori Maslow, yaitu untuk kebutuhan fisiologis seperti menjaga kesehatan tubuh, menghindari penyakit, meningkatkan gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran. Tingkat kebugaran jasmani baik laki-laki maupun perempuan memiliki kebugaran jasmani yang baik dengan prosentase 73,3%, sedangkan tingkat kebugaran jasmani yang sedang berada pada prosentase 26,7%. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang peneliti ajukan bahwa Upaya untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan gaya hidup sehat dan sebaiknya mencari pemain-pemain dengan usia muda yang masih produktif untuk membentuk Klub Tonnis Amongraga menjadi klub tonnis yang semakin tinggi prestasinya dengan anggota baru yang lebih siap kebugaran jasmaninya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Tingkat Kebugaran, Klub, Tonnis.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 14:34
Last Modified: 24 Jun 2020 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36980

Actions (login required)

View Item View Item