PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR MANIPULATIF KELAS 2 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)


Tri Sutrisno , 6101414100 (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR MANIPULATIF KELAS 2 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR MANIPULATIF KELAS 2 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI GERAK DASAR MANIPULATIF KELAS 2 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPSR (TEACHING PERSONAL AND SOCIAL RESPONSIBILITY)) - Published Version
Download (727kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat kendala yang dihadapi oleh guru di lapangan terkait proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD), khususnya kelas 2. Mulai dari sulitnya penerapan kurikulum 2013 dan kualitas buku teks guru dan siswa yang beredar di sekolah sekarang ini materinya terkesan belum luas dan kurang mendetail. Bagaimana pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi gerak dasar manipulatif kelas 2 sekolah dasar menggunakan pendekatan TPSR? Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui dan menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi gerak dasar manipulatif kelas 2 sekolah dasar menggunakan pendekatan TPSR. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reaserch-based devolepment). Penelitian mengacu pada model pengembangan dengan langkahnya: 1) melakukan analisis kebutuhan dan kajian pustaka, 2) perencanaan, 3) Pembutan produk awal dan validasi produk, 4) Uji coba kecil, 5) Revisi I, 6) Uji coba besar, 7) Revisi II, 8) Uji kelayakan, 9) Revisi akhir, 10) Diseminasi. Responden penelitian siswa kelas 2 Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jumlah uji coba kecil SD Negeri Sukorejo 02 (n=29), uji coba besar SD Negeri Sampangan 01 (n=38) dan uji kelayakan SD Negeri Srondol Kulon 02 (n=38). Hasil penelitian berdasarkan validasi dari ahli permainan mendapatkan persentase 91,67%, uji coba kecil untuk ahli pembelajaran 1 sebesar 87,50%, persentase psikomotor dan kognitif siswa 71,38% masuk kedalam kriteria “baik”, afektif siswa “meningkat” dan tanggapan positif siswa 74,48%. Penilaian uji coba besar untuk ahli pembelajaran 2 persentase 96,59%, persentase psikomotor dan kognitif siswa 80,26% masuk dalam kriteria “baik sekali”, afektif siswa “meningkat”, dan tanggapan positif siswa 83,68% . Penilaian uji kelayakan untuk ahli pembelajaran 3 persentase 100%, persentase psikomotor dan kognitif siswa 81,31% masuk dalam kriteria “baik sekali”,afektif siswa “meningkat”, dan tanggapan siswa 85,09% sehingga layak untuk digunakan. Simpulan penelitian pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi gerak dasar manipulatif kelas 2 sekolah dasar menggunakan pendekatan TPSR layak untuk digunakan diseluruh sekolah dasar dan dapat dikembangkan dengan permainan model yang lain. Peneliti mengharapkan ada penelitian lanjutan untuk mengembangkan model pembelajaran materi gerak dasar manipulatif menggunakan pendekatan TPSR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Gerak Dasar Manipulatif, Pendekatan TPSR.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 14:06
Last Modified: 24 Jun 2020 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36977

Actions (login required)

View Item View Item