AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI MASYARAKAT DI ALUN – ALUN HANGGAWANA DAN GOR TRISANJA SLAWI KABUPATEN TEGAL


Miftakhul Muflikh , 6101414097 (2019) AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI MASYARAKAT DI ALUN – ALUN HANGGAWANA DAN GOR TRISANJA SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI MASYARAKAT DI ALUN – ALUN HANGGAWANA DAN GOR TRISANJA SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (AKTIVITAS OLAHRAGA REKREASI MASYARAKAT DI ALUN – ALUN HANGGAWANA DAN GOR TRISANJA SLAWI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas olahraga rekreasi masyarakat yang dilakukan di akhir pekan dan hari libur, akhir pekan dan hari libur merupakan waktu yang tepat untuk masyarakat melakukan aktivitas olahraga rekreasi. Alun-alun Hanggawana Slawi dan GOR Trisanja Slawi menjadi lokasi yang representatif untuk melakukan aktivitas olahraga rekreasi. Fokus masalah penelitian ini adalah jenis aktivitas olahraga rekreasi, nilai yang diwujudkan dari aktivitas olahraga rekreasi dan potensi lingkungan yang mendukung terlaksananya aktivitas olahraga rekreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan wujud nilai dari aktivitas olahraga rekreasi serta potensi lingkungan yang dapat diakses masyarakat dalam melakukan aktivitas olahraga rekreasi di Slawi kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas olahraga rekreasi di Alun-Alun Hanggawana Slawi dan GOR Trisanja Slawi menunjukkan keberagaman kegiatan. Keberagamanya antara lain jogging, jalan kaki dan bersepeda. Nilai yang diwujudkan dari aktivitas olahraga rekreasi yaitu nilai kesehatan dan nilai sosial. Serta lingkungan yang masih banyak terdapat pepohonan sehingga membuat udara sekitarnya sejuk dan tersedianya area yang mendukung aktivitas olahraga rekreasi, menjadikan masyarakat merasa nyaman dalam melakukan aktivitas olahraga rekreasi di Alun – alun Hanggawana Slawi dan GOR Trisanja Slawi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berbagai jenis olahraga rekreasi ditujukan untuk menciptakan perasaan nyaman, meningkatkan fungsi tubuh dan untuk menciptakan lingkungan sosial dengan potensi lingkungan yang ada. Saran yang diberikan adalah belum begitu banyak masyarakat kabupaten Tegal yang memanfaatkan Alun-alun Hanggawana Slawi dan GOR Trisanja Slawi sebagai tempat olahraga rekreasi, seharusnya pemerintah daerah bisa menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan kedua tempat tersebut seperti mengadakan olahraga bersama, jalan sehat, senam massal dan lain-lain (2) Pengelola diharapkan lebih meningkatkan lagi pelayanan dan fasilitas yang ada seperti toilet dan tempat parkir sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Olahraga Rekreasi, Lingkungan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 14:04
Last Modified: 24 Jun 2020 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36976

Actions (login required)

View Item View Item