SURVEI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI TAEKWONDOIN JUNIOR SE KABUPATEN PEKALONGAN


Dhea Arum Pusparani , 6101414076 (2019) SURVEI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI TAEKWONDOIN JUNIOR SE KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI TAEKWONDOIN JUNIOR SE KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (SURVEI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI TAEKWONDOIN JUNIOR SE KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Download (958kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini prestasi menjadi tolak ukur keberhasilan seorang anak. Maka, peran dukungan orang tua dalam memengaruhi motivasi berprestasi seorang anak sangatlah penting baik dalam bentuk dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan informasional, dan dukungan instrumental. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi taekwondoin junior, 2) Bagaimana motivasi berprestasi taekwondoin junior, 3) Bagaimana pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi taekwondoin junior. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi Bagi Taekwondoin Junior di Dojang se Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu 104 taekwondoin junior di Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan teknik analisis data deskriptif eksplorativ dan Analysis of Varians (ANOVA) dengan menggunakan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian persentase menunjukan bahwa dukungan orang tua terhadap taekwondoin junior di Kabupaten Pekalongan masuk dalam kategori “Baik” dengan hasil analisis persentase sebesar 78,95%. Persentase tertinggi adalah dukungan informasi sebesar 83,17% dengan kategori penilaian baik sekali, selanjutnya dukungan emosional dengan perolehan persentase 80,24% kategori penilaian baik sekali, diikuti dukungan Instrumental sebesar 78,37% dengan kategori penilaian baik, dan persentase terendah pada dukungan penghargaan sebesar 76,84% dengan kategori penilaian baik. Sedangkan persentase Motivasi Berprestasi Taekwondoin Junior se Kabupaten Pekalongan sebesar 66,70% dengan kategori penilaian baik. Persentase tertinggi pada kelompok tanggung jawab sebesar 67,57% dengan kategori penilaian “Baik”. Selanjutnya kelompok Umpan balik dengan persentase sebesar 67,43% termasuk kategori penilaian baik, dan kelompok kreatif inovatif 66,72% dengan kategori penilaian baik. Sedangkan untuk persentase terendah pada kelompok resiko dan kesulitan sebesar 65,60% dengan kategori penilaian baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi taekwondoin junior di Dojang Kabupaten Pekalongan, yang ditunjukkan dengan nilai r Pearson 0,548 dengan kriteria nilai cukup kuat. Kontribusi dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi atlet taekwondoin junior di Dojang Kabupaten Pekalongan sebesar 30,03% tergolong rendah, sedangkan 69,97% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran bagi orang tua agar selalu memberi dukungan moril maupun materil, bagi pelatih agar selalu memberi edukasi kepada orang tua dan atlet, bagi atlet agar rajin berlatih dan jangan berpuas diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua, Motivasi Berprestasi, Taekwondoin Junior
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:57
Last Modified: 24 Jun 2020 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36972

Actions (login required)

View Item View Item