HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI ATLET WUSHU KABUPATEN REMBANG


Ade Erwin Syaputra , 6101414072 (2019) HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI ATLET WUSHU KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI ATLET WUSHU KABUPATEN REMBANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI ATLET WUSHU KABUPATEN REMBANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Wushu adalah olahraga beladiri yang berasal dari China.di Indonesia, Wushu banyak digemari oleh kalangan usia muda sampai dewasa. Kabupaten Rembang, hampir semua atlet wushu berstatus masih pelajar SMA. Dalam latihan, mereka sangat bersemangat terutama ketika mempelajari teknik-teknik kesulitan di wushu. Namun rasa kepercayaan diri mereka ini kadang-kadang bisa hilang atau berubah menjadi rasa minder, hilangnya konsentrasi, grogi, bahkan sampai kehilangan semangat untuk bertanding.dari beberapa hal tersebut munculah permasalahan adanya beberapa atlet wushu di Kabupaten Rembang yang memiliki rasa percaya diri dan motivasi yang rendah dan hal itu berpengaruh pada hasil prestasi mereka yang kurang baik.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara rasa percaya diri dan motivasi terhadap prestasi atlet wushu Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif (non eksperimental). Metode yang digunakan adalah korelasional. Sampel dalam penelitian ini 30 atlet wushu dan menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dari para ahli serta menggunakan hasil pengamatan dan hasil kuisioner atlet. hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa rasa percaya diri dan motivasi sangat berpengaruh pada Prestasi atlet wushu Kabupaten Rembang ,besarnya pengaruh rasa percaya diri dan motivasi terhadap Prestasi atlet adalah R = 0.710 dan Hasil analisis varians variabel rasa percaya diri (X1) dan motivasi (X2) dengan prestasi (Y) memperoleh nilai Fhitung = 13.726 dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat diambil simpulan bahwa Ada hubungan rasa percaya diri dan motivasi dengan prestasi atlit wushu Kabupaten Rembang. Saran saya sebaiknya pengurus atlet wushu terus memotivasi atlitnya dalam bertanding agar tidak berkecil hati menatap lawan sehingga kepercayaan dirinya meningkat saat bertanding.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Motivasi, Prestasi.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:55
Last Modified: 24 Jun 2020 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36971

Actions (login required)

View Item View Item