STRATEGI FAMILY DEVELOPMENT SESSION DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA JAGALEMPENI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES


IIS ARFIYANI, 0105517002 (2020) STRATEGI FAMILY DEVELOPMENT SESSION DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA JAGALEMPENI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of iis_arfiyani.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Arfiyani, Iis (2020) . ―Strategi Family Development Session Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Jagalempeni Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes‖. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof.Dr.Tri Joko Raharjo,M.Pd., Pembimbing II Dr. Amin Yusuf, M.Si. Kata Kunci: Family Developement Session, Strategi, Pemberdayaan Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis strategi pemberdayaan FDS Desa Jagalempeni. (2) Mendeskripsikan hasil capaian pemberdayaan FDS Desa Jagalempeni. (3) Menganalisis kendala FDS yang dilaksanakan oleh pendamping sosial Desa Jagalempeni. (4) Menganalisis solusi atas kendala yang dihadapi dalam kegiatan FDS di Desa Jagalempeni. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Dengan mengambil sampel 35 peserta FDS dan 10 informan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini.Validasi yang digunakan peneliti dalam menguji kebenaran data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)Strategi FDS dalam pemberdayaan masyarakat Desa Jagalempeni melalui 4 tahapan yaitu, Tahap pemilihan lokasi, Tahap sosialisasi, Tahap proses pemberdayaan masyarakat dan Tahap pemandirian.(2).Keberhasilan kegiatan FDS yaitu, terjadi peningkatan pengetahuan baik pendidikan, kesehatan dan ekonomi.Komponen pendidikan, anak KPM rajin ke sekolah, Komponen kesehatan, Peserta FDS rajin membawa anaknya untuk mengecek kesehatan anaknya ke posyandu dan Komponen ekonomi adanya kegiatan pemberdayaan ekonomi melalui e-waroeng bersama guna meningkatkan kemandirian finansial peserta FDS (3).Kendala yang di hadapi dalam kegiatan FDS yaitu, Kurangnya komitmen peserta, Perlengkapan FDS yang terbatas, Kurangnya sosialisasi FDS dikalangan masyarakat sekitar, Peserta FDS yang sudah mandiri tidak mau graduasi, Pendamping disibukan dengan banyaknya administrasi dan program komplementaritas.(4) Solusi atas kendala yang dihadapi dalam kegiatan FDS yaitu, pemberian sanksi tanggung renteng, mengadakan coaching FDS secara berkala, Media promosi PKH, Home visit peserta dan Monitoring yang berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan FDS di Desa Jagalempeni sudah berjalan dengan baik dan terjadi peningkatan kemandirian masyarakat baik dari sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat, Adapun kendala yang dialami dapat di atasi dengan solusi yang sudah di tawarkan untuk kemajuan kegiatan FDS. Terdapat beberapa saran yaitu Pertama, Bagi pemerintah tidak menaikan jumlah nominal bantuan agar tidak tumpang tindih antara besarnya bantuan dengan perubahan pola pikir masyarakat. Kedua,Bagi PPKH Kab.Brebes, agar melibatkan stakeholder lain baik tenaga pendidik, kesehatan dan ekonomi untuk mengisi kegiatan FDS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Family Developement Session, Strategi, Pemberdayaan
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Luar Sekolah, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:56
Last Modified: 25 Aug 2020 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36970

Actions (login required)

View Item View Item