KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR KU-14 SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2018


Rizal Yulian Iman Fauzi , 6101414068 (2019) KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR KU-14 SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR KU-14 SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2018]
Preview
PDF (KONDISI FISIK DAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR KU-14 SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2018) - Published Version
Download (705kB) | Preview

Abstract

Sekolah Sepak Bola (SSB) adalah tempat yang tepat bagi siswa usia dini untuk dapat mengembangkan potensi maupun kemampuan yang mereka miliki. Pembinaan yang dilaksanakan di Sekolah Sepak Bola tersebut mencangkup semua aspek dalam permainan sepak bola, baik fisik, teknik, taktik, dan mental. Kondisi fisik dan keterampilan teknik dasar dalam sepak bola sangat penting untuk menunjang permainan sepak bola di lapangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi fisik dan keterampilan teknik dasar dalam sepak bola KU-14 SSB Se-Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kondisi fisik siswa SSB U-14 di Kota Semarang dan untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar siswa SSB U-14 di Kota Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta teknik pengambilan data berupa tes dan pengamatan (observasi). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif presentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Kelompok Usia 14 tahun di Kota Semarang. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 47 sampel dari empat SSB Se- Kota Semarang. Hasil penelitian dan pembahasan tentang survei kondisi fisik dan keterampilan dasar sepak bola maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa SSB se-Kota Semarang kelompok usia 14 tahun memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda pada saat dilakukannya tes kondisi fisik. Hasil tes pada lari 50 meter dalam kategori baik sekali dengan presentase 89.4%, pada tes angkat tubuh dalam kategori kurang dengan presentase 61.7%, tes duduk baring 60 detik dalam kategori baik sekali dengan presentase 63.8%, tes loncat tegak dalam kategori kurang dengan presentase 55.3%, dan pada tes lari 1000 meter dalam kategori sedang dengan presentase 76.6%. Sedangkan keterampilan dasar dari tes dribbling dengan presentase 83%, tes passing dengan presentase 78.7%, tes control dengan presentase 76.6%, tesshooting dengan presentase 89.4%, dan tes headingdengan presentase 80.9%. Keseluruhan tes keterampilan dasar sepak bola dalam kategori baik. Berarti penguasaan teknik keterampilan dasar sudah baik dan siswa memiliki memapuan dalam permainan sepak bola. Dapat disimpulkan hasil kesegaran jasmani kelompok usia 14 tahun SSB se- Kota Semarang yaitu kategori sedang.Saran bagi siswa SSB setelah mengetahui status kondisi fisik diharapkan agar siswa rutin untuk melakukan latihan fisik agar dapat meningkatkan kondisi fisiknya untuk menunjang saat melakukan gerakan-gerakan dalam permainan sepak bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Fisik, Keterampilan Teknik Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:52
Last Modified: 24 Jun 2020 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36969

Actions (login required)

View Item View Item