PENGARUH PERAN PENDAMPING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)


RENDI AGUNG FEBRIANTO, 0105517004 (2020) PENGARUH PERAN PENDAMPING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_RENDI_AGUNG_FEBRIANTO.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Febrianto, Rendi A. “Pengaruh Peran Pendamping dan Motivasi Belajar terhadap Perubahan Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Utsman, M.Pd., Pembimbing II Dr Achmad Rifai RC, M.Pd. Kata Kunci: peran pendamping, motivasi belajar, perubahan perilaku Pengelolaan keuangan keluarga yang buruk banyak ditemui pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Idelanya perencanaan keuangan perlu dilakukan karena semua orang pada dasarnya memiliki ketidakpastian. Dengan perencanaan keuangan akan memberikan pilihan untuk menghadapi masa depan. Program Keluarga Harapan (PKH) dengan kegiatannya yang bernama Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) memiliki tujuan hasil belajar berupa perubahan perilaku, salah satunya mengenai pengelolaan keuangan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran pendamping dan motivasi belajar terhadap perubahan perilaku pengelolaan keuangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan uji regresi linier berganda. Penelitain dilaksanakan di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Responden dalam penelitian ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Suruh yang berjumlah 125 yang dipilih dengan teknik Probability Sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendamping berpengaruh terhadap perubahan perilaku pengelolaan keuangan dengan nilai 4,3%. Motivasi belajar berpengaruh terhadap perubahan perilaku pengelolaan keuangan dengan nilai 5,1%. Peran pendamping dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan keluarga dengan nilai 9,4%. Penelitian ini membuktikan bahwa peran pendamping dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perubahan perilaku pengelolaan keuangan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Suruh baik secara parsial maupun simultan. Namun, tetap ada faktor lain diluar penelitian ini yang turut mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peran pendamping, motivasi belajar, perubahan perilaku
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Luar Sekolah, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:47
Last Modified: 24 Jun 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36968

Actions (login required)

View Item View Item