PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MY BIO APP BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MA


AYU NOFITASARI, 0402518012 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MY BIO APP BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AYU_NOFITASARI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Nofitasari, Ayu. 2020. ―Pengembangan Media Pembelajaran My Bio App Berbasis Android Tehadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan di Ma‖. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Lisdiana, M.Si, Pembimbing II Dr. Aditya Marianti, M.Si. Kata Kunci : Android, hasil belajar, media pembelajaran, motivasi, sistem pencernaan makanan Penerapan kurikulum 2013 menuntut pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan kreatif dengan integrasi teknologi dalam setiap pembelajaran. Guru dituntut untuk kreatif dalam mencari dan mengumpulkan sumber belajar, serta membuat bahan ajar yang diperlukan dalam pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum. Sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran My Bio App berbasis android di sekolah dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi sistem pencernaan makanan untuk memotivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis validitas My Bio App menurut ahli media dan ahli materi, (2) menganalisis kelayakan my biology app menurut respon guru dan siswa, (3) menganalisis motivasi belajar siswa dan (4) menganalisis hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan. Desain penelitian Pre-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran My Bio App sangat valid menurut penilaian ahli materi dan ahli media.Kelayakan media Pembelajaran My Bio App berdasarkan hasil respon guru dan siswa pada katagori sangat layak. Media pembelajaran My Bio App sistem pencernaan makanan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Media pembelajaran My Bio App sistem pencernaan makanan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Android, hasil belajar, media pembelajaran, motivasi, sistem pencernaan makanan
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 24 Jun 2020 13:24
Last Modified: 24 Jun 2020 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36967

Actions (login required)

View Item View Item