SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DAN KENDALI POMPA AIR MENGGUNAKAN ARDUINO DAN INTERNET (Studi Kasus Pada Tanaman Terong)


Husnun Nadzif , 5302414086 (2019) SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DAN KENDALI POMPA AIR MENGGUNAKAN ARDUINO DAN INTERNET (Studi Kasus Pada Tanaman Terong). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DAN KENDALI POMPA AIR MENGGUNAKAN ARDUINO DAN INTERNET (Studi Kasus Pada Tanaman Terong)]
Preview
PDF (SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DAN KENDALI POMPA AIR MENGGUNAKAN ARDUINO DAN INTERNET (Studi Kasus Pada Tanaman Terong)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembudidayaan tanaman terong membutuhkan kondisi khusus yaitu dengan kelembaban tanah yang berkisar antara 80% - 90%. Faktor yang mempengaruhi kelembaban tanah pada perkembangan tanaman adalah kebutuhan air. Untuk memenuhi kebutuhan air dan menjaga kelembaban tanah dapat dilakukan melalui proses penyiraman. Saat ini teknik budidaya tanaman terong masih tergolong menggunakan cara penyiraman manual, maka diperlukan sebuah sistem yang mampu memantau dan mengontrol kondisi kelembaban tanah dari jarak yang jauh. Penggunaan website sebagai antarmuka dari sistem memiliki keunggulan kemudahan dalam pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Pengujian yang dilakukan adalah dengan Pengujian Black Box, Uji Kalibrasi Sensor, dan Uji Kinerja Sistem. Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Kendali Pompa Air pada Tanaman Terong yang dihasilkan terdiri dari perangkat pengendali, web server, dan website. Perangkat pengendali merupakan perangkat yang terhubung dengan pompa air, dengan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno dengan modul GSM SIM800L. Pengguna dapat memantau kelembaban tanah serta mengendalikan pompa air melalui website. Hasil pengujian Black Box menunjukkan fungsi-fungsi dalam website dapat berjalan dengan baik, hasil pengujian kalibrasi sensor menunjukkan rata-rata error sebesar 3,82%, serta pada pengujian kinerja sistem didapatkan presentase keberhasilan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelembaban Tanah, Arduino, Website, Tanaman Terong.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Jun 2020 12:07
Last Modified: 24 Jun 2020 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36961

Actions (login required)

View Item View Item