PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK USIA 2-4 TAHUN


Riens Pratama , 5302414074 (2019) PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK USIA 2-4 TAHUN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK USIA 2-4 TAHUN]
Preview
PDF (PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK USIA 2-4 TAHUN) - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Pengenalan huruf vokal bagi anak usia dini harus diperkenalkan sejak dini karena huruf vokal berfungsi untuk merangkai huruf dari kumpulan konsonan yang dijadikan suatu perkataan. Berdasarkan pengamatan di KB Syiarul Islam Tegal bahwa media pembelajaran mengenal huruf vokal masih menggunakan alat peraga sederhana yaitu papan huruf vokal yang ditempel pada dinding kelas. Hal ini membuat anak mudah jenuh dan tidak tertarik. Selain itu belum ada media pembelajaran dalam bentuk animasi 3D. Mengantisipasi kendala tersebut, dibutuhkan media pembelajaran baru dengan menggunakan animasi 3D. Animasi 3D dapat diimplemantasikan bagi anak untuk belajar karena dalam masa perkembangannya anak memiliki kecenderungan meniru dan mengamati sehingga memudahkan anak dalam menerima materi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui kelayakan elemen visual (gambar, tulisan) dan animasi 3D pada media pembelajaran mengenal huruf vokal. Metode penelitian menggunakan model pengembangan waterfall menurut M. Suyanto (2006) yang meliputi tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tahap pra produksi meliputi: (1) penentuan ide dan cerita; (2) desain karakter; (3) storyboard; (4) perekaman suara. Tahap produksi meliputi: (1) modeling; (2) texturing; (3) rigging; (4) animating; (5) lighting; (6) camera operation; (7) rendering. Tahap pasca produksi meliputi: (1) final editing dan (2) hasil video animasi 3D. Media animasi 3D mengenal huruf vokal dikategorikan layak dengan penilaian beberapa aspek diantaranya aspek kualitas gambar, kualitas suara, isi media, objek dan karakter, background, teknik animasi, jalan cerita, dan kesan video yang dilakukan validasi oleh 4 ahli media. Hal ini dibuktikan dalam pengujian pertama media didapatkan hasil rata-rata 81% yang berada pada kategori layak dengan catatan revisi sesuai saran. Pengujian kedua setelah media direvisi didapatkan hasil rata-rata 86,5% yang berada pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Huruf Vokal, Media Animasi 3D, Teknik Animasi 3D, Blender
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jun 2020 14:57
Last Modified: 23 Jun 2020 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36955

Actions (login required)

View Item View Item