Pengembangan Website E-Learning dengan Problem Based Learning Yang Mampu Menilai Karakter Bertanggung Jawab


Dimas Zafir Hasmi , 5302414072 (2019) Pengembangan Website E-Learning dengan Problem Based Learning Yang Mampu Menilai Karakter Bertanggung Jawab. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Pengembangan Website E-Learning dengan Problem Based Learning Yang Mampu Menilai Karakter Bertanggung Jawab]
Preview
PDF (Pengembangan Website E-Learning dengan Problem Based Learning Yang Mampu Menilai Karakter Bertanggung Jawab) - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran dengan di dominasi aktivitas bertatap muka dan kurangnya implementasi teknologi memiliki beberapa kekurangan, seperti sumber belajar yang terbatas, proses pembelajaran monoton, kurang menyenangkan, dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dalam kelas, lazimnya hanya berlangsung 2 jam, proses penyampaian materi dan kesempatan berdiskusi menjadi terbatas dan kurang bagi peserta didik. Perkembangan teknologi informasi sebagai alternatif media pembelajaran, ESinumaca sebagai website media pembelajaran dapat membantu proses pembelajaran antara guru dan peserta didik dalam penyampaian materi, media diskusi dan pembelajaran dalam jaringan dan pemberian tugas mandiri oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelian mengacu pada Rekayasa Enginering. Teknik pengumpulan data berupa angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Skala Likert. Hasil produk E-Sinumaca diakses dalam jaringan dan domain www.esinumaca. com. Pengujian Black Box mendapatkan penilaian sebesar 100% yang termasuk kategori valid yang siap digunakan dalam antara guru dan peserta didik. Pengujian produk oleh Ahli Media mendapatkan penilaian sebesar 90,35% dengan kategori sangat baik. Hasil pengujian Respon Pengguna oleh peserta didik menghasilkan presentase 87,26% dengan kategori sangat baik, hasil pengujian respon guru mendapat penilaian sebesar 91,54% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa E-Sinumaca layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan uji validasi Black Box, Ahli Media dan Respon Pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Problem Based Learning, Karakter, Bertanggung Jawab.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jun 2020 14:52
Last Modified: 23 Jun 2020 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36954

Actions (login required)

View Item View Item