IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE DAN COLUMNAR UNTUK MENGAMANKAN DATA TEKS YANG DISIMPAN DI DATABASE MYSQL


Mahya Azka , 5302414061 (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE DAN COLUMNAR UNTUK MENGAMANKAN DATA TEKS YANG DISIMPAN DI DATABASE MYSQL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE DAN COLUMNAR UNTUK MENGAMANKAN DATA TEKS YANG DISIMPAN DI DATABASE MYSQL]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE DAN COLUMNAR UNTUK MENGAMANKAN DATA TEKS YANG DISIMPAN DI DATABASE MYSQL) - Published Version
Download (815kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat data pada kehidupan kita secara perlahan beralih menjadi data digital. Seiring perkembangan tersebut terjadi peningkatan kasus kejahatan pencurian data sehingga perlu diiringi dengan pengembangan sistem kemanan yang lebih baik untuk menjaga keamanan dan integritas data. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma vigenere dan columnar untuk mengamankan teks dari file txt yang disimpan di database MySQL. Penelitian ini juga akan menguji algoritma yang digunakan dalam proses enkripsi. Penelitian ini membuat sistem enkripsi teks yang didapat dari hasil pembacaan file berektensi txt menggunakan algoritma vigenere dan columnar. Program ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, Javascript dan MySQL. Teknik pengujian pada penelitian ini menggunakan metode white-box untuk menguji keakuratan algoritma yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa algoritma berjalan sesuai rencana dan program dapat melakukan proses enkripsi dan dekripsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: enkripsi, vigenere, columnar, uji white-box
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jun 2020 12:12
Last Modified: 23 Jun 2020 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36952

Actions (login required)

View Item View Item