APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA


Rizka Ariana Trisnawati , 5302414057 (2019) APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA]
Preview
PDF (APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA) - Published Version
Download (962kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas aplikasi Kebun Bilangan dari segi tampilan media dan isi materi, serta mengetahui tingkat efektivitas media sebagai media pembelajaran untuk siswa tunagrahita. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Widya Bhakti dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan sejumlah 7 orang siswa kelas 1 tunagrahita ringan. Data Penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dan tes. Metode analisis menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian berdasarkan ahli media sebesar 80% dengan kriteria valid. Ahli materi sebesar 85,5% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata kelas sebesar 77,11 dari KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Tanggapan dari pihak guru setelah menggunakan aplikasi menunjukan hasil 86% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa aplikasi Kebun Bilangan dinyatakan valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa tungrahita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita, Media Pembelajaran, Aplikasi Multimedia .
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jun 2020 12:09
Last Modified: 23 Jun 2020 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36951

Actions (login required)

View Item View Item