Rancang Bangun Sistem Monitoring Temperatur dan Kelembapan Inkubator Bayi Menggunakan Website dan Android berbasis Internet of Things (IoT)


Muhammad Iqbal Fahrian, 5302414048 (2019) Rancang Bangun Sistem Monitoring Temperatur dan Kelembapan Inkubator Bayi Menggunakan Website dan Android berbasis Internet of Things (IoT). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Rancang Bangun Sistem Monitoring Temperatur dan Kelembapan Inkubator Bayi Menggunakan Website dan Android berbasis Internet of Things (IoT)]
Preview
PDF (Rancang Bangun Sistem Monitoring Temperatur dan Kelembapan Inkubator Bayi Menggunakan Website dan Android berbasis Internet of Things (IoT)) - Published Version
Download (398kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar kondisi suhu dan kelembapan pada inkubator bayi hanya dapat dilihat pada ruangan yang sama. Sistem monitoring berbasis Internet of Thing(IoT) dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat kondisi inkubator bayi setiap saat. Android merupakan sistem operasi pendukung Internet of Thing(IoT) dengan keunggulan kemudahan operasional. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk membuat inkubator berbasis Internet of Thing(IoT) yang dapat memonitoring suhu dan kelembapan inkubator. Model extreme proramming pada “Agile Methods” digunakan untuk pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak dalam rancang bangun sisem monitoring pada inkubator bayi. Pengujian kestabilan data dilakukan dengan mencari error dan tingkat efektifitas. Sistem monitoring ini terdiri dari perangkat keras berupa inkubator bayi berbasis mikrokontroler arduino uno dengan modul GSM tipe SIM 800L sedangkan perangkat lunak berupa webserver dan aplikasi android. Rancang bangun inkubator memiliki sistem automasi pada kipas dan lampu. Pada suhu >38Oc maka kipas akan menyala sedangkan pada suhu <37Oc lampu pijar akan menyala. Hasil suhu dan kelembapan dapat dilihat secara langsung pada aplikasi android. Berdasarkan pengujian pearson correlation menunjukkan bahwa sistem monitoring suhu dan kelembapan berjalan dengan baik dengan menunjukkan error sebesar 0,82% sedangkan pengujian kestabilan monitoring mencapai 100%. Oleh karena itu sistem monitoring suhu dan kelembapan pada inkubator layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring, Internet of Things, Android, SIM800L Ver.2
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Jun 2020 11:55
Last Modified: 23 Jun 2020 11:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36948

Actions (login required)

View Item View Item