PEMANTAUAN PERUBAHAN KEDALAMAN MUKA AIR TANAH DENGAN METODE MICRO GRAVITY VERTICAL GRADIENT ANTAR WAKTU DI KAWASAN SIMPANG LIMA SEMARANG


Muhamad Ikhsan, 4211413032 (2018) PEMANTAUAN PERUBAHAN KEDALAMAN MUKA AIR TANAH DENGAN METODE MICRO GRAVITY VERTICAL GRADIENT ANTAR WAKTU DI KAWASAN SIMPANG LIMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211413032.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian di kawasan Simpang lima dengan menggunakan metode gaya berat. Tujuan penelitian adalah mengetahui perubahan kedalaman muka air tanah di kawasan Simpang Lima Semarang. Pengukuran gaya berat antar waktu dilakukan sebanyak dua periode yaitu periode Mei 2017 dan September 2017 dengan menggunakan gravimeter Scientrex Autograv CG-5. Jarak antar titik pengukuran gaya berat adalah 50 meter dengan 120 titik ukur yang tersebar di daerah penelitian. Tahapan interpretasi data digunakan software Surfer 10 dan Grav3D untuk menggambarkan lapisan bawah permukaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa daerah yang mengalami penurunan muka air tanah adalah Seroja dan Pekunden sedangkan daerah yang mengalami kenaikan air tanah adalah Mugas dan Peleburan. Penurunan air tanah dan penambahan air tanah disebabkan oleh iklim dan curah hujan. Penambahan dan penurunan muka air tanah di kawasan Simpang Lima semarang berada kisaran 30-60 meter di bawah permukaan tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya berat, Air tanah, Vertikal gradien
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 28 Jul 2020 14:35
Last Modified: 28 Jul 2020 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36946

Actions (login required)

View Item View Item