APLIKASI METODE HORIZONTAL TO VERTICAL SPECTRAL RATIO (HVSR) UNTUK ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN TANAH PADA ZONA AMBLESAN STUDI KASUS PERUMAHAN TANAH MAS KOTA SEMARANG


Tahlis Siamitha Amrullah, 4211413029 (2018) APLIKASI METODE HORIZONTAL TO VERTICAL SPECTRAL RATIO (HVSR) UNTUK ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN TANAH PADA ZONA AMBLESAN STUDI KASUS PERUMAHAN TANAH MAS KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211413029.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian menggunakan alat mikrotremor dengan metode HVSR (Horizontal To Vertcal Spectral Ratio) telah dilakukan di daerah amblesan tanah perumahan Tanah Mas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai frekuensi dominan, amplifikasi tanah, dan ketebalan lapisan sedimen serta untuk mengetahui struktur bawah permukaan tanah daerah penelitian. Sebanyak 20 titik penelitian telah dilakukan dengan jarak antar titik 200 m. Dari penelitian tersebut didapatkan sinyal mikrotremor. Sinyal mikrotremor dianalisis dengan metode HVSR sehingga diperoleh data berupa frekuensi dominan dan amplifikasi tanah yang disajikan dalam bentuk kurva H/V. Data hasil pengolahan tersebut digunakan untuk menghitung nilai ketebalan lapisan sedimen dan selanjutnya digunakan untuk menganalisis struktur bawah permukaan tanah daerah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai frekuensi dominan yang diperoleh adalah 0,66 – 0,98 Hz, dengan amplifikasi tanah sebesar 2,4 – 5,0 dan ketebalan lapisan sedimen dalam rentang 60,2 - 89,9 m. Nilai frekuensi dominan tersebut menunujukkan bahwa tanah di daerah penelitian tergolong dalam jenis tanah sedang di mana batuan penyusunnya berupa batuan alluvial yang terdiri dari pasir, kerikil, lempung, lanau dan lumpur. Batuan penyusun tersebut memiliki densitas yang reltif kecil, dengan frekuensi dominan relatif rendah, besar amplifikasi tanah relatif sedang dan ketebalan lapisan sedimen relatif dalam, maka apabila terdapat getaran seismik yang berpengaruh daerah tersebut akan mengalami resiko kerusakan yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mikrotremor, HVSR, struktur bawah permukaan tanah, zona amblesan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 22 Jun 2020 16:11
Last Modified: 22 Jun 2020 16:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36945

Actions (login required)

View Item View Item