ANALISIS SESAR GEMPA TEKTONIK MENGGUNAKAN METODE FOCAL MECHANISM STUDI KASUS GEMPA BUMI KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2010-2016


Muhammad Ifanun Naim, 4211413015 (2018) ANALISIS SESAR GEMPA TEKTONIK MENGGUNAKAN METODE FOCAL MECHANISM STUDI KASUS GEMPA BUMI KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2010-2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211413015.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari Pulau Sumatera yang terdapat dua lempeng tektonik yang aktif. Kedua lempeng tektonik tersebut yaitu lempeng Indo- Australi menunjam ke arah lempeng Eurasia dan menimbulkan zona subduksi Sumatera yang banyak menimbulkan kejadian gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sesar gempa ditinjau dari besarnya magnitudo dengan menggunakan metode focal mechanism studi kasus gempa pada Kepulauan Mentawai periode tahun 2010-2016. Metode focal mechanism merupakan metode untuk menentukan bidang sesar yang dihasilkan oleh kejadian gempa dengan memanfaatkan gerak awal gelombang P. Gerak awal gelombang P berupa gaya kompresi ataupun dilatasi. Selain dengan metode focal mechanism, dalam penelitian ini juga dibuat penampang melintang gempa dengan luasan daerah tertentu yang bertujuan untuk mengetahui indikasi gempa yang terjadi merupakan gempa pada daerah lempeng tektonik. Hasil solusi focal mechanism untuk data gempa bermagnitudo ≥ 6.0 Mw rata-rata gempa menghasilkan sesar naik (thrust/reverse) dengan beberapa nilai kemiringan (dip) tertentu. Hasil dari penampang melintang gempa menunjukkan sebaran hiposenter gempa yang cenderung menunjam. Kejadian ini adalah indikasi bahwa lokasi gempa-gempa tersebut merupakan tempat lempeng yang menunjam dan ketika dihubungkan dengan hasil focal mechanism juga menunjukkan kecenderungan sesarnya adalah sesar naik dengan beberapa nilai kemiringan (dip) tertentu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kegempaan; sesar; focal mechanism; penampang melintang.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QE Geology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 22 Jun 2020 15:12
Last Modified: 22 Jun 2020 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36942

Actions (login required)

View Item View Item