PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI TATA SURYA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMP
Noviana, 4201413007 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI TATA SURYA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (433kB) | Preview |
Abstract
Masalah rendahnya pendidikan karakter telah menjadi sorotan publik. Hal ini ditunjukkan dengan masih tingginya praktik korupsi sebanyak 78 kasus terhitung akhir Desember 2017. Sebagai upaya permasalahan tersebut, Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2010 merumuskan bahwa dalam materimateri pembelajaran perlu dikembangkan pendidikan karakter, salah satu materi yang berpotensi ialah materi tata surya. Pada umumnya materi tata surya masih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga keaktifan siswa kurang dan karakter siswa juga jarang dikembangkan. Media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan mengembangkan karakter adalah LKS, LKS dengan pendekatan scientific yang dikembangkan mengintegrasikan karakter melalui materi tata surya dan petunjuk kerja pada tahap-tahap pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain LKS fisika bermuatan karakter, serta mengetahui tingkat kelayakan LKS, tingkat keterbacaan LKS, peningkatan hasil belajar kognitif, dan perkembangan karakter siswa setelah menggunakan LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development). Uji coba kelompok besar menggunakan desain quasi experimental design berbentuk pretest dan posttest one group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII G SMP N 41 Semarang. Data hasil belajar dan keterbacaan LKS diperoleh melalui metode tes. Sedangkan, data pengembangan karakter dan kelayakan LKS diperoleh melalui metode angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa (1) kelayakan LKS ditinjau dari aspek isi, penyajian, dan kebahasaan berada pada kriteria layak; (2) tingkat keterbacaan LKS berada pada kriteria tinggi; (3) peningkatan hasil kognitif berada pada kriteria sedang; dan (4) karakter yang berkembang setelah berkembang pada kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) desain LKS terdiri dari lima tahap pembelajaran scientific, karakter dimunculkan dari petunjuk kerja pada tahap-tahap pendekatan scientific dan materi tata surya; (2) tingkat kelayakan LKS berada pada kriteria layak sehingga dapat digunakan sebagai panduan belajar; (3) tingkat keterbacaan LKS berada pada kriteria tinggi sehingga mudah dipahami dan dapat digunakan oleh siswa; (4) LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (5) LKS dapat mengembangkan karakter disiplin, rasa ingin tahu, mandiri dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, LKS, scientific, karakter. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 14:58 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 14:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36940 |
Actions (login required)
View Item |