IMPLEMENTASI METODE AVERAGE BASED FUZZY TIME SERIES UNTUK PERAMALAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN GROBOGAN


Siti Nurjanah, 5302414043 (2019) IMPLEMENTASI METODE AVERAGE BASED FUZZY TIME SERIES UNTUK PERAMALAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE AVERAGE BASED FUZZY TIME SERIES UNTUK PERAMALAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI METODE AVERAGE BASED FUZZY TIME SERIES UNTUK PERAMALAN PRODUKSI PADI DI KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil produksi padi di Kabupaten Grobogan mengalami naik turun setiap tahunnya. Jika hasil produksi padi menurun maka dapat menyebabkan persediaan pangan menjadi tidak stabil. Salah satu cara Pemerintah Daerah untuk menentukan kebijakan agar persediaan pangan selalu terpenuhi adalah dengan melakukan peramalan hasil produksi padi di masa yang akan datang. Namun, metode peramalan yang saat ini digunakan masih menghasilkan tingkat error yang tinggi. Perlu adanya perbaikan metode ramalan yang saat ini digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan metode Fuzzy Time Series untuk meramalkan produksi padi Kabupaten Grobogan yang akan datang melalui aplikasi peramalan yang dibangun dengan software MATLAB. Dalam penerapannya menggunakan metode Fuzzy Time Series untuk peramalan, perhitungan panjang interval telah ditentukan di awal proses perhitungan. Salah satu metode penentuan panjang interval yang efektif adalah metode berbasis rata-rata (Average Based). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Data ramalan yang digunakan adalah data produksi padi per tahun Kabupaten Grobogan dari tahun 1992 hingga 2016. Data dianalisis dan divalidasi keakuratan model peramalannya menggunakan kriteria Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Hasil penelitian menunjukkan perhitungan ramalan dengan metode Average Based Fuzzy Time Series menggunakan aplikasi yang telah dibangun terbukti memiliki tingkat error lebih rendah dibandingkan dengan peramalan sebelumnya yaitu mampu menurunkan tingkat error sebesar 3,145%. Pengujian aplikasi peramalan menggunakan 25 data time series menghasilkan peramalan satu tahun ke depan yaitu tahun 2017 produksi padi sebesar 830 ribu ton dengan nilai kesalahan MAPE sebesar 5.44497%. Pada nilai MAPE nilai errornya <10%, sehingga dapat dikatakan metode Average Based Fuzzy Time Series baik digunakan untuk peramalan khususnya peramalan produksi padi di Kabupaten Grobogan karena mampu menghasilkan peramalan dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Average Based Fuzzy Time Series, Peramalan, Produksi Padi.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jun 2020 14:19
Last Modified: 22 Jun 2020 14:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36938

Actions (login required)

View Item View Item