PENERAPAN WEBSOCKET UNTUK TRANSMISI DATA PADA IOT (INTERNET OF THINGS) GUNA MENDUKUNG ERA INDUSTRI 4.0


Zulham Azwar Achmad , 5302414040 (2019) PENERAPAN WEBSOCKET UNTUK TRANSMISI DATA PADA IOT (INTERNET OF THINGS) GUNA MENDUKUNG ERA INDUSTRI 4.0. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN WEBSOCKET UNTUK TRANSMISI DATA PADA IOT (INTERNET OF THINGS) GUNA MENDUKUNG ERA INDUSTRI 4.0]
Preview
PDF (PENERAPAN WEBSOCKET UNTUK TRANSMISI DATA PADA IOT (INTERNET OF THINGS) GUNA MENDUKUNG ERA INDUSTRI 4.0) - Published Version
Download (963kB) | Preview

Abstract

Di era digital saat ini internet menjadi suatu kebutuhan pokok manusia. berbagi informasi yang sering digunakan di mana-mana, salah satunya adalah media sosial, rumah pintar, kecerdasan buatan, dan industri 4.0 itu sendiri. dimana semua data disimpan dan dianalisis untuk diproses. Karena bagian dari Internet of Things adalah cloud computing dimana membutuhkan server untuk mengatasi lalu lintas data, untuk itu trafik data sangat padat sehingga dari metode pengiriman data diperlukan agar trafik data menjadi lebih efisien dan lebih cepat. Lalu lintas yang padat yang akhirnya menyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah penggunaan bandwidth yang berlebihan, dan transmisi data yang tidak stabil, transmisi data yang biasa digunakan adalah HTTP (HyperText Transfer Protocol) seperti HTTP Long Polling berarti pengiriman data menggunakan interval waktu dan membutuhkan dua jalur komunikasi yaitu komunikasi ketika meminta data dan mengirim data. untuk mengatasi masalah ini diperlukan transmisi data satu arah sehingga tidak banyak lalu lintas yang padat dan pengiriman yang lebih cepat. Pengiriman satu arah biasanya disebut websocket, di mana data dikirim dengan koneksi TCP (Transmission Control Protocol) tunggal dengan komunikasi dupleks penuh. Pengujian pada metode HTTP Long Polling dan dilakukan menggunakan mikrokontroler. Hasil pengujian menggunakan metode dalam hal kecepatan menunjukkan respon data lebih efektif daripada Long Polls. Hasil pengujian konsumsi RAM (Random Access Memory) menggunakan metode Polling Panjang lebih kecil dari penggunaan memori dalam metode websocket. Hasil pengujian bandwidth menunjukkan bahwa metode Long Polling mengkonsumsi bandwidth yang besar dibandingkan dengan Websocket. CPU (Central Processing Unit) Hasil Pengujian Penggunaan menunjukkan tingkat beban CPU yang stabil dibandingkan dengan Long Polling. Dari beberapa bagian pengujian yang dilakukan berdasarkan jajak pendapat panjang, metode ini lebih baik memenuhi kebutuhan berbasis IoT (Internet of Things) waktu nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Websocket, Polling panjang, Internet of things, Era Industri 4.0, Transmisi Data, IoT
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jun 2020 14:01
Last Modified: 22 Jun 2020 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36936

Actions (login required)

View Item View Item