RANCANG BANGUN APLIKASI ALAT BANTU BIDANG STUDI FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA 2 KUDUS
Adelya Romadlona Fitriani , 5302414023 (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI ALAT BANTU BIDANG STUDI FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA 2 KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (RANCANG BANGUN APLIKASI ALAT BANTU BIDANG STUDI FISIKA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA 2 KUDUS)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda di alam, gejala-gejala, kejadian-kejadian di alam serta interaksi dari benda-benda di alam. Dalam pembelajaran mata pelajaran fisika peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari fisika adalah karena konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga sulit diamati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media sebagai alat bantu pembelajaran fisika yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Model Waterfall merupakan pendekatan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang dimuali dari tahap analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kelayakan aplikasi. Proses pengujian dilakukan dengan uji blackbox, ahli media, ahli materi dan guru. Uji pengguna dilakukan oleh peserta didik kelas X. Hasil penelitian menghasilkan aplikasi media pembelajaran untuk mata pelajaran fisika yang diberi nama MI-Fisika. Tahapan uji kelayakan aplikasi oleh ahli media, ahli materi dan guru mendapatkan presentase kelayakan sebesar 84.38% dan dikategorikan “Sangat Layak” untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Tahapan uji coba pengguna oleh peserta didik mendapatkan kelayakan sebesar 85,53% dan dikategorikan “Sangat Layak” untuk dijadikan sebagai media penunjang dan sumber belajar mandiri peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah perlu dilakukan pengembangan materi yang lebih lanjut sehingga dapat melatih keterampilan olah pikir peserta didik, perlunya penambahan video namun apabila berpengaruh terhadap ukuran aplikasi maka cukup menambahkan link video tersebut, pengembangan simulasi tidak hanya 2D, perlunya simulasi 3D supaya aplikasi menjadi lebih menarik dan penambahan tombol ON-OFF.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Impuls, Momentum |
Subjects: | T Technology > Information and Computer |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 13:20 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 13:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36931 |
Actions (login required)
View Item |