APLIKASI “HANACARAKA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSAR A JAWA BERBASIS ANDROID


Nining Setiani , 5302414021 (2019) APLIKASI “HANACARAKA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSAR A JAWA BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of APLIKASI “HANACARAKA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSAR A JAWA BERBASIS ANDROID]
Preview
PDF (APLIKASI “HANACARAKA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSAR A JAWA BERBASIS ANDROID) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Warisan daerah yang merupakan jati diri dari suatu bangsa hampir punah salah satunya yaitu warisan tulisan Jawa kuno (yang biasa disebut dengan aksara Jawa) yang ada di daerah kepulauan Jawa, atau Jawa Tengah lebih tepatnya. Namun aksara Jawa tersebut semakin tidak dikenali oleh masyarakatnya sendiri termasuk generasi muda, karena secara umum bangsa Indonesia sudah menggunakan bahasa resmi bahasa Indonesia dan aksara Latin dalam komunikasi tertulis. Saat ini tulisan aksara Jawa menjadi salah satu materi pembelajaran yang terintegrasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar, namun masih kurang disambut dengan baik oleh siswa. Minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa juga belum sepenuhnya terbangun. Hal ini berpengaruh terhadap kelestarian aksara tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan pengetahuan tentang aksara Jawa melalui aplikasi berbasis Android. Dalam penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Langkah-langkah yang harus dilalui meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain kepada ahli media dan materi, revisi desain, uji coba, dan implementasi produk kepada siswa kelas VI A SD Negeri 1 Babakan dengan jumlah sampel 23 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi HANACARAKA dibuat menggunakan perangkat lunak Android Studio dengan metode Research and Development (R&D) yang berbasis Android termasuk kategori layak digunakan berdasarkan functionality testing (uji black-box dengan hasil 100%), compatibility testing (uji perangkat di beberapa OS berbeda dengan hasil 100%), dan usability testing (uji media dengan hasil rata-rata 89,17% dan uji materi dengan hasil ratarata 90,28%). Hasil angket respon siswa terhadap aplikasi Android menunjukkan respon yang positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa tinggi terhadap aplikasi HANACARAKA. Saran yang diajukan adalah bagi peneliti selanjutnya, perlu ditambahkan audio dari aksara yang dikonversi serta ditambah tombol simpan aksara dan salin aksara setelah dilakukan konversi. Sedangkan bagi guru dan siswa, diharapkan dapat menggunakan aplikasi HANACARAKA pada saat pembelajaran aksara Jawa di dalam kelas pembelajaran lebih hidup dan tidak monoton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Media Pembelajaran, Aksara Jawa, Android
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jun 2020 13:06
Last Modified: 22 Jun 2020 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36930

Actions (login required)

View Item View Item