PENGEMBANGAN APLIKASI “C-LEARNING” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN BERBASIS ANDROID DI BIMBA- AIUEO DESA SELABAYA KABUPATEN PURBALINGGA
Restu Afri Widhi Hastutiningsih , 5302414020 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI “C-LEARNING” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN BERBASIS ANDROID DI BIMBA- AIUEO DESA SELABAYA KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI “C-LEARNING” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN BERBASIS ANDROID DI BIMBA- AIUEO DESA SELABAYA KABUPATEN PURBALINGGA)
- Published Version
Download (825kB) | Preview |
Abstract
Mengenal warna merupakan suatu hal yang penting dan mendasar bagi anak usia prasekolah atau anak usia dini. Melalui warna anak dapat menguasai kemampuan yang ada pada diri mereka. Seiring dengan berkembangnya teknologi pemanfaatan perangkat seluler dapat dijadikan salah satunya variasi media belajar yang dapat menarik perhatian anak untuk belajar warna sehingga pembelajaran tidak membosankan. Sekarang ini memang sudah banyak aplikasi pengenalan warna yang dapat diakses secara offline ataupun online. Akan tetapi aplikasi yang beredar saat ini masih terbatas cakupan isinya sehingga perlu adanya pembuatan suatu media yang cakupannya lebih luas. Tujuan penelitian ini, yaitu mengembangkan aplikasi C-Learning sebagai media pengenalan warna dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi dari uji media, uji materi dan uji pengguna. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Rapid Application Development (RAD). Langkah-langkah yang harus dilalui meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan, pengkodean dan pengujian yang meliputi uji validitas sistem dan uji pengguna. Hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi dikategorikan “Sangat Baik” sehingga aplikasi C-Learning dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pengenalan warna pada anak usia 3-6 tahun. Hasil uji materi mendapatkan persentase 93.33%. Uji kelayakan software meliputi tiga aspek, functionality testing (uji black-box) mendapatkan persentase 100%, usability testing dan portability testing (uji ahli media) mendapatkan persentase 96.79%. Uji pengguna dilakukan melalui pengamatan dengan sampel 10 siswa mendapatkan persentase 91.51%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, Android, Pengenalan warna |
Subjects: | T Technology > Information and Computer |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 13:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 13:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36929 |
Actions (login required)
View Item |