RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE PEMERIKSAAN KESEHATAN BERBASIS WEBSITE SEBAGAI INOVASI LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI RS AISYIYAH MUNTILAN)


Lutfi Nurlaily Khusniati , 5302414007 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE PEMERIKSAAN KESEHATAN BERBASIS WEBSITE SEBAGAI INOVASI LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI RS AISYIYAH MUNTILAN). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE PEMERIKSAAN KESEHATAN BERBASIS WEBSITE SEBAGAI INOVASI LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI RS AISYIYAH MUNTILAN)]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE PEMERIKSAAN KESEHATAN BERBASIS WEBSITE SEBAGAI INOVASI LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS DI RS AISYIYAH MUNTILAN)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

RS Aisyiyah Muntilan merupakan lembaga kesehatan yang menjadi tempat bagi pasien untuk menerima layanan pemeriksaan kesehatan berupa rawat jalan, rawat inap, dan gawat darurat. Pelayanan pemeriksaan kesehatan di RS Aisyiyah Muntilan masih kurang efektif pada proses pendaftaran yang masih dilakukan secara on-site, pasien harus datang ke rumah sakit terlebih dahulu kemudian mengantri untuk mendapatkan nomor antrian. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan sistem informasi pendaftaran pemeriksaan kesehatan berbasis website yang memudahkan pasien guna mendaftarkan diri secara online melalui jaringan inernet untuk mendapatkan nomor antrian sehingga pasien tidak perlu mengantri lama dan efisien dalam waktu. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan sistem yang dihasilkan oleh sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validasi sistem, sistem informasi pendaftaran online pemeriksaan kesehatan berbasis website dinyatakan valid dengan presentase 91,67 %. Hasil uji coba pengguna dengan 30 responden yang terdiri dari administrator, petugas pendaftaran, dan pasien menunjukkan hasil “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 88,50%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem informasi pendaftaran online berbasis website yang dikembangkan sudah layak dan dapat membantu mempermudah proses pendaftaran pemeriksaan kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pendaftaran, Waterfall, Website
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jun 2020 12:57
Last Modified: 22 Jun 2020 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36927

Actions (login required)

View Item View Item