IMPLEMENTASI ALGORITMA BELLMAN-FORD PADA APLIKASI PARIWISATA REMBANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA


Sulus Ilhamti Rizqiani, 5302413015 (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA BELLMAN-FORD PADA APLIKASI PARIWISATA REMBANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ALGORITMA BELLMAN-FORD PADA APLIKASI PARIWISATA REMBANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI ALGORITMA BELLMAN-FORD PADA APLIKASI PARIWISATA REMBANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI PARIWISATA) - Published Version
Download (881kB) | Preview

Abstract

Pariwisata sebagai salah satu sarana promosi untuk memperkenalkan keindahan alam maupun keunikan budaya suatu daerah. Sebaran lokasi objek wisata di Kabupaten Rembang merata, baik didaerah kepesisiran maupun didaerah perbukitan. Untuk mencapai lokasi tujuan, wisatawan yang datang berkunjung membutuhkan informasi rute wisata untuk membantu merencanakan perjalanan. Solusi untuk pemecahan masalah dalam menentukan rute terpendek terdapat beberapa algoritma, algoritma Bellman Ford dipilih untuk penentuan rute terpendek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Sedangkan algoritma yang digunakan untuk pencarian rute terpendek menggunakan algoritma Bellman-Ford yaitu algoritma untuk menghitung jarak terpendek pada sebuah graf berbobot apabila terdapat bobot negatif . Hasil perhitungan algoritma Bellman-Ford untuk menentukan rute pada objek wisata di Kabupaten Rembang secara matematis dan aplikasi pada sample graf dari node 6 ke node 10 selisih jarak yang dihasilkan 0,4 Km. Persentase pengujian black-box 100%, bahwa semua fungsi pada aplikasi berjalan dengan baik. Persentase Pengujian usablity 82,7 % dari 30 responden bahwa aplikasi sangat layak digunakan untuk membantu pengguna dalam memperoleh informasi pariwisata. Persentase pengujian compatibility 100% bahwa aplikasi dapat diinstal pada beberapa device berbasis android. Serta pengujian performance efficiency memiliki rata-rata kecepatan launch time 40,47 second dengan launch time tercepat 30,89 second dan terlama 48,45 second.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rute terpendek, Bellman-Ford, Pariwisata
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jun 2020 12:46
Last Modified: 22 Jun 2020 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36924

Actions (login required)

View Item View Item